Berita

Afifudin: Efektivitas Pengunaan DAK Pendidikan 2022 Malteng Sangat Baik

×

Afifudin: Efektivitas Pengunaan DAK Pendidikan 2022 Malteng Sangat Baik

Sebarkan artikel ini
Komisi IV DPRD Provinsi Maluku saat melakukan verifikasi terhadap surat masuk, dengan mendatangi 7 sekolah di Kabupaten Malteng. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Maluku, Rovik Akbar Afifudin mengaku, pada tahun 2022 efektivitas pengunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) sangat baik.

“Jadi berdasarkan tinjauan lapangan, efektivitas penggunaan DAK 2022 berjalan dengan sangat baik,” kata dia kepada wartawan, di Ambon, Selasa (11/10/2022).

Tinjauan lapangan ini, kata dia, setelah Komisi IV DPRD Provinsi Maluku melakukan verifikasi terhadap surat masuk, dengan mendatangi 7 sekolah di Kabupaten Malteng, guna mengkroscek sejauhmana efektivitas penggunaan anggaran terhadap pembangunan infrastruktur ruangan dan bangunan sekolah.

Menurutnya, bahan yang digunakan untuk pembuatan plafon merupakan kualitas terbaik di kelasnya. Ambil misal, kayu yang digunakan adalah kayu besi.

“Misalnya untuk plafon beberapa ruang kelas tidak lagi menggunakan tripleks, namun bahan khusus. Nah, spandek juga digunakan dengan paku yang semestinya, dan kayu yang digunakan juga dari jenis kayu besi,” ungkap Afifudin.

5096
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Tidak seperti temuan beberapa waktu lalu, ketika Komisi IV melakukan on the spot ke SMA Negeri 22 Malteng. Ternyata keluhan komisi sigap ditanggapi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku, dengan melakukan perbaikan-perbaikan positif.

Untuk itu Afifudin berharap, progres ini dapat digenjot sesegera mungkin, agar selesai tepat pada waktunya. Mengingat, sudah memasuki bulan Oktober, dimana DAK dan DAU berbeda dalam penganggarannya.

“Karena DAK itu hanya diberikan kepada daerah yang memiliki kegiatan khusus, dan memiliki prioritas, serta memenuhi kriteria tertentu. Sedangkan DAU diberikan kepada setiap daerah,” beber dia.

Dikatakan, sejumlah sekolah SMA Kristen, SMA Tamilouw dan SMA Negeri 23 Malteng, sama sekali tidak ada masalah untuk struktur bangunannya.

Namun demikian, lanjut Afifuddin, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Disdikbud Provinsi Maluku, agar semakin baik lagi efektivitas dalam penggunaan dana alokasi khusus.

“Karena sesuai prosedur akan dilanjutkan dengan tahap pengawasan, untuk menuntaskan verifikasi DAK 2022,” tutup Afifudin.