Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat Gani, saat membuka Rapat Kerja Teknis Satgas Saber Pungli se-Sulsel 2022, di Hotel Gammara, Makassar, Selasa (29/11/2022). Foto-Ist/TN

 1,792 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Abdul Hayat Gani, membuka Rapat Kerja Teknis Satgas Saber Pungli se-Sulsel 2022, di Hotel Gammara, Makassar, Selasa (29/11/2022).

Dalam kegiatan itu, Abdul Hayat mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulsel mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut. Karena kegiatan ini menjadi ajang penguatan koordinasi dalam melakukan pemberantasan pungutan liar (pungli) di Sulsel.

Abdul Hayat juga menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan tersebut. Menurutnya, pembentukan Satgas Saber Pungli merupakan respon Presiden pada tahun 2016 lalu, atas maraknya tindakan pungli yang terjadi hampir di setiap sektor pelayanan publik.

“Fenomena ini kerap menjadi aduan masyarakat. Beberapa sektor yang diadukan masyarakat, sepeti pada pelayanan perizinan, pengadaan barang dan jasa, pelayanan kependudukan dan catatan sipil, sertipikat tanah, pendidikan, kepegawaian, dan bahkan sampai pada pengelolaan dana desa,” ucapnya.

Abdul Hayat yang juga Penanggung Jawab Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Provinsi Sulsel ini berharap, kegiatan ini bisa mendapat sambutan positif dari semua abdi masyarakat dan pelayan masyarakat, untuk meningkatkan pengabdian dan pengawalan kepada masyarakat.

“Kalau tidak ada upaya pemberantasan pungli, masalah tersebut dapat menimbulkan rusaknya tatanan masyarakat, kesenjangan sosial, menghambat pembangunan, serta menimbulkan rasa ketidakpercayaan terhadap pemerintah,” ujar dia.

Melalui pembentukan Satgas Saber Pungli, diharapkan dapat memberikan efek jera yang terus menerus terjadi, yang tidak sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2016 tentang Pembentukan Satgas Saber Pungli.

Dukungan unsur TNI Polri, Kejaksaan, Ombudsman, dan semua stakeholder terkait, lanjutnya, dapat berkolaborasi dan bersinergi sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap upaya peningkatan kualitas pengelolaan pemerintahan, dan pelayanan publik yang lebih baik.

Berita lain untuk anda

Tingkatkan Sinergitas Marinir dan Masyarakat Digelar Lomba Menembak

 2,707 kali dilihat 2,707 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Beragam kegiatan dilakukan dalam rangka peringati Korps…

Kembangkan Pertanian Hayati Petir Ngaji Tani di Peguyangan

 2,710 kali dilihat 2,710 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Persatuan Desa Tani Nusantara (Petir) terus mengembangkan…

Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad Bagi Hasil Panen Sayuran Kepada Masyarakat

 2,661 kali dilihat 2,661 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dampak dari Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus…

Polisi Abaikan Laporan KPID Maluku, Ditreskrimsus Tutupi Perkembangan Hasil Penyelidikan

 2,800 kali dilihat 2,800 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pihak kepolisian dalam hal ini Polda Maluku…

Terima Aksi Demonstrasi Mahasiswa, Ini Janji DPRD Kota Ternate

 2,699 kali dilihat 2,699 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wakil ketua DPRD kota Ternate, Heni Sutan…

BBKSDA Papua Barat Pastikan akan ada Tersangka Baru dalam Kasus Penyelundupan Hewan Dilindungi

 4,007 kali dilihat 4,007 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua…

Ungkapan Bahagia Warga Kamlin Penerima Bantuan TMMD ke-110 Kodim 1802/Sorong

 2,678 kali dilihat 2,678 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Rasa Senang dan bahagia tidak dapat disembunyikan bagi…

Dihadiri Jokowi, Warga Sorong Antusias Ikuti Vaksinasi Massal

 2,724 kali dilihat 2,724 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri vaksinasi…

Tumpukan Sampah Di Jembatan Puri Mengeluarkan Bau Tak Sedap, Warga Lakukan Protes

 6,122 kali dilihat 6,122 kali dilihat Sorong, TN- Warga RT 03/ RW 05 kelurahan Klaligi, distrik…

Ririmasse Harap Kesejahteraan Masyarakat di SBB Dapat Terwujud

 811 kali dilihat 811 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse berharap,…