Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

PJ Wali Kota Ambon: ASN tak Boleh Terlibat Politik Praktis!

×

PJ Wali Kota Ambon: ASN tak Boleh Terlibat Politik Praktis!

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya kembali mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, baik yang berstatus PNS, PPPK, maupun Tenaga Honorer, agar tidak terlibat politik praktis pada Pilkada Serentak tahun 2024.

“ASN tidak boleh berpolitik praktis. ASN dilarang mendukung pasangan calon tertentu, dengan memberi dukungan fasilitasi untuk dilakukan kampanye, memberi tekanan pihak tertentu, itu juga dilarang,” tegas PJ Wali Kota kepada wartawan, di Ambon, Selasa (15/10/2024).

Example 300x600

Dia juga menekankan, dalam bekerja seorang ASN memiliki kewenangan tertentu sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Sehingga, jangan sampai pada saat pelaksanaan tugas dan kewenangannya, ASN justru mengarahkan pihak tertentu atau orang yang mendapatkan pelayanan, agar memilih salah satu paslon.

“Kalau sampai kedapatan, apalagi ada laporan yang masuk dari masyarakat dan dibuktikan oleh Bawaslu, maka Bawaslu dapat memberikan rekomendasi kepada BKN, KemenPan-RB, dan Kemendagri untuk memberikan sanksi kepada ASN yang melanggar tersebut, melalui Gubernur, Wali Kota atau Bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), dan harus ditindaklanjuti, jika tidak, maka justru PPK yang akan kena sanksi.” bebernya.

Dalam upaya menjaga netralitas tersebut, lanjut PJ Wali Kota, maka pihaknya telah membentuk Tim Pemantau ASN lewat Surat Keputusan (SK) Wali Kota Nomor 1683 Tahun 2024.

“Surat edaran terkait netralitas ASN juga terus dikirimkan, sebagai bentuk pembinaan bagi ASN,” tambahnya.

Kaya berharap, ASN di Kota Ambon tetap berada dalam habitatnya, yakni bekerja dan berkinerja.

“Habitat kita sebagai ASN adalah bekerja dan berkinerja, bukan politik praktis. Itu bukan habitat kita,” tandasnya.

Example 300250
Example 120x600