Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pj Heru Bersama Gibran Tinjau Uji Coba MBG di SMAN 70, Sinyal Apa?

×

Pj Heru Bersama Gibran Tinjau Uji Coba MBG di SMAN 70, Sinyal Apa?

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama Wakil Presiden RI terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka meninjau uji coba Makan Bergizi Gratis (MGB) di SMAN 70 Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2024). (Foto: Dok. Pemprov DKI)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bersama Wakil Presiden RI terpilih 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka meninjau uji coba Makan Bergizi Gratis (MBG) di SMAN 70 Jakarta Selatan, Rabu (9/10/2024). Adapun uji coba MBG sebelumnya sudah terlaksana pada tingkat SD dan SMP.

Selain bersama Gibran, kegiatan tersebut juga didampingi Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endar Budiman dan Kepala Sekolah SMAN 70 Sunaryo.

Example 300x600

Dalam kesempatan itu, Heru mengucapkan terima kasih kepada Gibran lantaran mau menyempatkan waktu untuk hadir dan melihat uji coba MBG pagi hari ini. Tak lupa ia juga berterima kasih kepada Dharma Jaya karena turut andil menyiapkan kebutuhan makanan untuk murid-murid di SMAN 70.

“Begitu juga Kepala Sekolah dan Komite Sekolah SMAN 70, terima kasih telah menyambut kedatangan kami,” kata Heru kepada wartawan, Rabu (9/10/2024).

Perlu diketahui,1.300 paket makanan senilai Rp 25.000 per porsi disiapkan Perumda Dharma Jaya bekerja sama dengan PT Jakarta Tourisindo. Paket makanan berisi nasi putih, chicken teriyaki, perkedel kentang, tahu cabe garam, telur dadar, salad sayur, dan buah pisang dengan kandungan gizi 781 Kkal.

Makanan dikemas menggunakan paper box food grade dan pengelolaan sampah yang bersinergi dengan bank sampah terdekat, yaitu Komunitas Bank Sampah Seni Baru.

Heru berharap uji coba MBG dapat terus berlangsung dengan menyajikan menu makanan yang disukai para siswa SD, SMP, dan SMA. Ia juga memastikan nilai gizi dalam setiap paket makanan terjamin karena kalorinya telah dihitung dan sudah melalui tes kesehatan makanan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

“Sambil menunggu pedoman umum dari Pemerintah Pusat, maka Pemprov DKI Jakarta akan terus melanjutkan uji coba MBG untuk melihat menu yang disukai para siswa, serta disesuaikan dengan harga menu per paket,” jelas Heru.

“Sehingga tujuan pemberian MBG dapat terwujud, yaitu menyiapkan Generasi Emas Indonesia tahun 2045. Kami berusaha memberikan yang terbaik untuk program ini,” sambungnya.

Disisi bersamaan, Gibran mengapresiasi Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Heru yang konsisten melaksanakan kegiatan MBG. Menurutnya, menu makanan MBG di SMAN 70 termasuk mewah jika dibandingkan dengan menu-menu di daerahah lain.

“Ini saya lihat menu hari ini termasuk yang paling mewah. Kalau kemarin, kami lihat saat mengecek di beberapa tempat seperti di Hambalang, Sentul, ini saya kira hari ini menu yang paling lengkap dan mewah. Tanggapan para siswa cukup baik,” kata Gibran.

Sebelum program ini diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia, harus dilakukan uji coba sesering mungkin untuk mendapatkan masukan dari para guru, siswa, orang tua murid, komite sekolah, dan pihak lainnya. Sehingga, saat diimplementasikan, program MBG ini dapat berjalan dengan baik.

Lantas Gibran membeberkan, saat ini MBG masih tahap uji coba, untuk mendapat banyak masukan. Selain itu, terus memantau setiap menu yang disanikan agar benar-benar bisa diterima oleh para siswa.

“Sekali lagi, saya dan Presiden Terpilih terus mengkaji dan mencari formulasi terbaik untuk program ini. Entah besaran anggarannya atau pakai central kitchen, memanfaatkan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), nanti segera kami putuskan,” ucap dia.***

Example 300250
Example 120x600