Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaTransportasi

Perjalanan Bambang Haryo di Kupang Hingga Cek Fasilitas Transportasi

×

Perjalanan Bambang Haryo di Kupang Hingga Cek Fasilitas Transportasi

Sebarkan artikel ini
Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono atau BHS. Foto: ist.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Anggota DPR RI Bambang Haryo Soekartono membagikan pengalamannya saat berkunjung ke Kupang beberapa waktu lalu. Ia pun menyempatkan untuk melihat kondisi Terminal di wilayah tersebut.

“Pada saat saya di Kota Kupang, saya menyempatkan hadir di Terminal Internasional Tipe A Bimoku. Terminal ini adalah terminal yang dibangun dan dikelola oleh Kementerian Perhubungan dan saat ini sedang dalam penyempurnaan pembangunan yang diharapkan selesai pada akhir bulan Oktober,” kata BHS sapaan akrabnya, dalam akun instagram pribadinya @bambangharyos.

Example 300x600

Ia menjelaskan, terminal tersebut untuk menfasilitasi transportasi massal (bus) antar negara dari Terminal Bimoku Kupang menuju ke Dili.

“Dan terminal ini sekaligus menampung bis antar kabupaten yang saat ini berjumlah 80 buah sebagai feeder menuju ke kota-kota yang ada di wilayah Timor sebelah barat (Indonesia). Saya menyampaikan bila terminal ini menjadi terminal internasional harus dilengkapi dengan standarisasi internasional yg saat ini masih belum ada,” jelas dia.

Menurutnya, fasilitas yang perlu dilengkapi yakni ruang tunggu internasional yang steril.

“Dilengkapi dengan alat deteksi x-ray untuk barang penumpang. Kemudian papan informasi digital yang menunjukkan jadwal keberangkatan dan ketibaan bus internasional, papan informasi mengenai jadwal konektivitas bus (feeder) antar kota di wilayah Indonesia,” tambahnya.

“Dipasang Sprinkler untuk mencegah kebakaran. Loket bus internasional tersendiri, dilengkapi juga adanya petugas informasi internasional yang paham terhadap operasional bus internasional, kepabean, keimigrasian, peng-karantinaan baik hewan maupun tumbuh-tumbuhan, Saya melihat luasan parkir bis feeder yang nantinya ada sekitar minimum 40 buah masuk ke terminal tersebut lahan parkir terminal sangat kurang untuk menampung juga bus internasional Indonesia yang berjumlah 5 buah dan bus internasional Timor Leste yang berjumlah 5 buah serta menampung kendaraan penjemput dalam kota Kupang, tandasnya.

Menurutnya, itu semua harus diantisipasi agar bisa memberikan kenyamanan maksimal di terminal internasional tersebut.

“Di terminal tersebut saya juga bertemu dengan Bapak Fary Francis Ketua saya di Komisi V DPR RI periode 2014-2019. Beliau menginginkan terminal tersebut diresmikan oleh Bapak Prabowo Subianto Presiden Terpilih tahun 2024-2029. Semoga terealisasi dan lancar dalam persiapan dan pelaksanaannya. Aminn,” tuturnya.

Example 300250
Example 120x600