Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pengendalian Pencemaran Secara Bijaksana Adalah Bentuk dari Melestarikan Fungsi Air

×

Pengendalian Pencemaran Secara Bijaksana Adalah Bentuk dari Melestarikan Fungsi Air

Sebarkan artikel ini
Bimtek pengendalian pencemaran air di Kabupaten Merauke
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebagai upaya pembenahan dan penanggulangan pencemaran air di Kabupaten Merauke, Dinas Lingkungan Hidup hadirkan Bimtek pengendalian pencemaran air melibatkan narasumber dari Direktorat Pengendalian Pencemaran Air Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Harni Sulistiawati.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa air merupakan satu Sumber Daya Alam yang memiliki fungsi sangat penting bagi kehidupan serta untuk memajukan kesejahteraan umum dan merupakan modal dasar dan faktor utama dalam pembangunan. Oleh karena itu, melestarikan fungsi air perlu dilakukan dengan cara pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air secara bijaksana dengan memperhatikan kepentingan generasi saat ini dan akan datang serta keseimbangan ekologi yang berkelanjutan.

Example 300x600

“Untuk itu dirasa perlu dilakukan bimbingan teknis dalam rangka peningkatan kapasitas pengelolaan kualitas air di Kabupaten Merauke dan Provinsi Papua Selatan pada umumnya,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Ir. Dominukus Catur, Selasa, (22/10/2024) di Halogen Merauke.

Tujuan Bimtek pengendalian pencemaran air adalah untuk lebih memahami peraturan perundangan dan peraturan pemerintah yang berkaitan dengan pengendalian pencemaran air. Meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya upaya pengendalian pencemaran air dan menyatukan persepsi masyarakat dan pemerintah pusat maupun daerah dalam upaya bersama-sama melakukan pengendalian pencemaran air.

Para pihak terkait yang mengikuti Bimtek ini berasal dari aparatur pemerintah bidang terkait, pelaku usaha perkebunan, kehutanan, perhotelan, rumah sakit, klinik dan lainnya. Kesempatan ini pula, Sekda Merauke,Yermias P. Ruben Ndiken menegaskan bahwa sebagai umat ciptaan Tuhan yang paling mulia, manusia wajib melestarikan dan menjaga alam semesta salah satunya keutuhan air.

“Sungai dan rawa di Merauke harus dijaga agar tidak terjadi aktifitas perusahan atau apapun yang mencemari air. Mari kita bersama membangun Merauke dan Papua Selatan tanpa merusak alam,” pintanya.

Example 300250
Example 120x600