Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Ekonomi

Mitra Bukalapak Kembangkan Agen Pulsa dan Warung di Yogyakarta Jadi Sentra Layanan Keuangan

×

Mitra Bukalapak Kembangkan Agen Pulsa dan Warung di Yogyakarta Jadi Sentra Layanan Keuangan

Sebarkan artikel ini
Foto: Mitra Bukalapak.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) bagian dari Bukalapak memberdayakan agen pulsa dan pemilik warung di Yogyakarta dan Solo sebagai sentra layanan keuangan, melalui acara edukatif Spesial Kumpul Juwara (SKJ).

SVP of Bukalapak Tine Ervina menjelaskan, acara ini bertujuan untuk mentransformasi pelaku usaha mikro agar dapat berperan lebih besar sebagai agen inklusi keuangan.

Example 300x600

Dia menuturkan, komunitas Juwara adalah komunitas agen pulsa dan pemilik warung terbesar di Indonesia, yang telah merangkul ratusan ribu anggota di lebih dari 50 kota/kabupaten di seluruh tanah air.

Tine menerangkan, dalam acara SKJ, ratusan pemilik warung dan agen pulsa tidak hanya berkesempatan untuk berjejaring, tetapi juga mendapatkan pengetahuan teknis terkait produk dan layanan virtual unggulan, seperti Voucher Games dan QRIS.

“Kedua produk ini membantu Mitra memperluas variasi layanan yang ditawarkan sekaligus memperkuat posisi kiosnya sebagai sentra layanan digital dan keuangan,” kata Tine dalam rilis persnya dikutip Rabu (2/10/2024)

Dijelaskan Tine, dengan kemampuan ini, maka Mitra Bukalapak dapat terus menghadirkan akses ke layanan finansial pada seluruh pelanggan dan menjangkau lapisan masyarakat yang tidak tersentuh oleh layanan keuangan formal.

Selain memperkenalkan produk-produk tersebut, SKJ kali ini juga bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia DIY. Kolaborasi ini menghadirkan edukasi penting terkait penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran digital, pengembangan UMKM, serta kampanye Cinta, Bangga, Paham Rupiah.

Tak hanya itu, melalui sambutan dan sosialisasi yang disampaikan dalam sesi Juwara Belajar oleh Bank Indonesia DIY, peserta juga diajak untuk mengeksplorasi penggunaan QRIS di kalangan warung dan kios pulsa, dengan segala manfaatnya.

Plh. Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY Hermanto menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk memberdayakan UMKM serta mengajak mereka untuk menggunakan metode pembayaran digital dalam bertransaksi, salah satunya dengan QRIS.

“Melalui kolaborasi Bank Indonesia DIY dan Mitra Bukalapak di Yogyakarta, kami berharap dapat memberikan edukasi lebih mendalam dan berkelanjutan, sehingga pemilik usaha kecil pun dapat merasakan manfaat penggunaan QRIS untuk meningkatkan bisnisnya secara signifikan,” ujarnya.

Selain pemaparan teknis, SKJ menyuguhkan sesi inspiratif bertajuk Juwara Bercerita, di mana pemilik warung dan agen pulsa belajar mengelola bisnis kecil agar lebih berdampak dan berkembang.

Melalui sesi bersama Irma, Juragan asal Sleman, peserta mendapatkan tips sukses, termasuk cara menambah pendapatan melalui ekspansi produk virtual, yang menjadikan kios sebagai solusi belanja harian di lingkungan sekitar.

Tine melanjutkan, melalui program edukasi berkelanjutan yang diinisiasi oleh Komunitas Juwara, agen pulsa dan pemilik warung didukung untuk terus mengembangkan pengetahuan mereka tentang produk dan layanan.

“Dukungan ini bersifat dua arah, di mana tim Mitra Bukalapak dan para praktisi ahli berperan aktif dalam berbagi ilmu dan pengalaman. Selain itu, sharing session yang dihadirkan langsung dari Mitra untuk Mitra memberikan ruang bagi para pelaku usaha untuk saling berbagi kiat praktis dalam mengelola bisnis,” katanya.

Berkat berbagai fitur produk virtual serta program edukasi dari Komunitas Juwara, Mitra Bukalapak mencatat peningkatan pendapatan yang signifikan di kalangan anggotanya, dengan rata-rata mengalami pertumbuhan hingga tiga kali lipat.

Selain itu, banyak agen pulsa dan pemilik warung yang berhasil memperbesar usaha mereka, bahkan sampai membuka kios cabang dan mempekerjakan karyawan.

Example 300250
Example 120x600