Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Kota Bandung Ditetapkan Jadi Pilot Project Pengembangan Tanah TOD di Indonesia

×

Kota Bandung Ditetapkan Jadi Pilot Project Pengembangan Tanah TOD di Indonesia

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Bandung, A. Koswara. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Kota Bandung resmi ditetapkan, sebagai pilot project pengembangan tanah dengan konsep Transit-Oriented Development (TOD) di Indonesia, khususnya di kawasan Gedebage.

Proyek ini digagas oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), dengan tujuan mengoptimalkan pemanfaatan lahan melalui pengembangan kawasan yang terintegrasi dengan transportasi massal.

Example 300x600

Direktur Konsolidasi Tanah dan Pengembangan Pertanahan Kementerian ATR/BPN, Mazwar menjelaskan, Gedebage dipilih karena posisinya yang strategis, dan potensi luas lahan yang masih belum dimanfaatkan secara optimal.

“Pengembangan TOD di Gedebage akan menjadi langkah penting dalam pembangunan berkelanjutan di Kota Bandung, khususnya di wilayah timur,” ujar Mazwar kepada wartawan, di Bandung, Selasa (15/10/2024).

Konsep TOD di Gedebage tidak hanya fokus pada peningkatan konektivitas transportasi, tetapi juga bertujuan untuk mengembangkan kawasan tersebut secara lebih produktif dan ramah lingkungan.

Mazwar menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan para pemangku kepentingan lainnya, dalam mewujudkan proyek TOD di Gedebage.

“Kolaborasi ini krusial untuk memastikan, bahwa proyek ini berjalan dengan baik dan membawa manfaat maksimal bagi masyarakat,” ujarnya.

Sebagai bagian dari rencana pembangunan ini, Pemerintah Kota Bandung juga mengusulkan adanya Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), yang dapat menghasilkan energi terbarukan, dan menegaskan komitmen kota dalam menciptakan lingkungan yang berkelanjutan.

“Kami sangat mendukung inisiatif pengembangan TOD ini. Ini bisa menjadi contoh bagi pengembangan wilayah lain di Kota Bandung ke depannya,” ungkap PJ Wali Kota Bandung, A. Koswara.

Menurut Koswara, proyek ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Bandung Timur, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dengan luas area mencapai 77 hektar, Gedebage diproyeksikan menjadi kawasan modern, yang terintegrasi dengan transportasi publik.

Proyek ini juga mendukung peningkatan nilai tanah secara signifikan, yang diharapkan berdampak positif pada ekonomi dan lingkungan di Kota Bandung.

Pengembangan TOD Gedebage akan menjadi salah satu proyek percontohan dari Kementerian ATR/BPN, untuk memaksimalkan penggunaan tanah di Indonesia, serta mendukung agenda pembangunan berkelanjutan yang berbasis pada transportasi.

Example 300250
Example 120x600