Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Kilang Kasim Dukung Posyandu Cegah Stunting

×

Kilang Kasim Dukung Posyandu Cegah Stunting

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

Guna mewujudkan generasi unggul bebas stunting, PT. Kilang Pertamina International Refinery Unit (KPI RU) VII Kasim mengaktifkan Posyandu di wilayah Ring I perusahaan, tepatnya di  Kampung Kasimle, Distrik Seget, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya.

Didirikan dalam rangka wujud kepedulian terhadap tingkat kesehatan masyarakat, PT KPI RU VII Kasim  bekerjasama dengan Puskesmas Seget, dan kader posyandu setempat untuk memberikan pendampingan dan pelatihan mendukung kegiatan posyandu di Kampung Kasimle.

Example 300x600

Posyandu yang masih menumpangi gedung pertemuan Kasimle ini sudah aktif sejak tahun 2022 lewar program Corporate social responsibility (CSR). Adapun jumlah anak-anak di  Kampung Kasimle yakni usia 0-6 bulan sebanyak 8 anak, 6-12 bulan sebanyak 15 anak, di atas 12 bulan sebanyak 16 anak, anak yang terkena stunting sebanyak 4 anak, dan Ibu hamil 2 orang.

Ketua Kader Posyandu Kasimle, Helena Maifun saat mendampingi anak Balita menimbang berat badan. Posyandu ini masih memiliki keterbatasan, dikarenakan masih menumpang di gedung pertemuan Kasimle. Selain penimbangan berat badan juga dilakukan pengukuran tinggi badan (Foto:Mega/TN).
Seorang ibu tampak bercanda dengan anaknya di Posyandu Kasimle. Ketua Kader Posyandu Kasimle, Herlina Maifun, menyatakan bahwa terdapat empat anak yang mengalami gejala stunting, yaitu Lidia (1 tahun), Ongen (2 tahun), Maikel (2 tahun), dan Silfa (1 tahun). Mereka telah mendapatkan bantuan penanganan dari PT. KPI RU VII Kasim melalui pemberian makanan tambahan dan susu. Setelah dilakukan intervensi, dua dari empat anak tersebut mengalami kenaikan berat badan (BB), termasuk Lidia, yang idealnya memiliki BB 7-10 kg, namun selama enam bulan berturut-turut stagnan pada BB 4 kg. Setelah diberikan susu khusus untuk anak stunting, pada bulan ketujuh, Lidia mengalami kenaikan BB menjadi 6,5 kg. Sementara itu, dua anak stunting lainnya sering dibawa oleh orangtuanya ke hutan, sehingga sulit untuk dipantau kenaikan BB mereka di posyandu setiap bulan. (Foto: Mega/TN)

 

Para ibu di Kampung Kasimle sangat berterima kasih kepada PT. KPI RU VII Kasim yang telah berkontribusi dalam mendukung kelancaran kegiatan Posyandu Kasimle. Bambang Imawan, selaku Officer Communication, Relation, CSR & Compliance Pertamina RU VII Kasim, menyatakan bahwa PT. KPI RU VII Kasim secara rutin memberikan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berupa kacang hijau dan telur setiap bulan. Selain itu, PT. KPI juga menyediakan susu SGM untuk usia 0-6 bulan, 6-12 bulan, dan 1-3 tahun bagi semua anak di Posyandu Kasimle, susu khusus ibu hamil (Prenagen Mommy), serta susu khusus untuk anak-anak dengan gejala stunting (Nutricia Nutridrink). (Foto:Mega/TN).

 

Example 300250
Example 120x600