Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Berbagi Pengalaman Profesi Wartawan di Lingkungan DPRD DKI dan Sulut

×

Berbagi Pengalaman Profesi Wartawan di Lingkungan DPRD DKI dan Sulut

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Dewan (Setwan) DPRD Provinsi DKI Jakarta melalui Humas bersama perwakilan Koordinatoriat Wartawan Balai Kota-DPRD DKI Jakarta saat melakukan kunjungan ke Kota Manado tepatnya di gedung DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pada Jumat (18/10/2024). (Foto: Ist/TN)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Sekretaris Dewan (Setwan) DPRD Provinsi DKI Jakarta melalui Humas bersama perwakilan Koordinatoriat Wartawan Balai Kota-DPRD DKI Jakarta melakukan kunjungan ke Kota Manado tepatnya di gedung DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pada Jumat (18/10/2024).

Plt Sekretaris Dewan DPRD Sulut, Niklas Silangen sangat antusias dan menyambut hangat kedatangan rombongan tersebut. Ia menyebut, pertemuan ini adalah bentuk sinergi yang bermuara pada profesi wartawan di lingkungan DPRD.

Example 300x600

Sama seperti di Jakarta, Niklas menjelaskan, wartawan di DPRD Sulut tergabung dalam Forum Wartawan DPRD (Forward). Mereka diberikan ruang dalam melakukan kerja-kerja jurnalistik.

“Kita disini dikasih nama Forward, Forum Wartawan DPRD Sulawesi Utara, jadi yang diberikan keluasan untuk mereka yang tergabung di sini. Memang ditugaskan untuk meliput di DPRD Sulut,” kata Niklas saat ditemui di dedung DPRD Sulut, Manado, Jumat (18/10/2024).

Niklas menuturkan, wartawan di DPRD Sulut juga diberikan keleluasaan ketika meliput soal pembahasan anggaran. Lantaran ketika legislator tengah melakukan pembahasan, rapat tersebut dilakukan secara terbuka.

“Jadi kita ketika pembahasan anggaran itu yang memang kita di sini tidak tertutup. Jadi semua wartawan itu bisa meliput,” tuturnya.

Lebih lanjut, Niklas mengungkapkan, bagaimana cara-cara untuk menampik terkait pemberitaan yang sifatnya hoax di lingkungan DPRD Sulut. Menurutnya, pendekatan dengan wartawan selalu dilakukan guna menyelaraskan setiap informasi-informasi yang ada dan sesuai fakta di lapangan.

“Jadi menyangkal berita-berita yang hoax itu memang kita selalu mengingatkan kepada rekan-rekan pers berita-beritanya itu harus informatif,” ungkapnya.

Adapun kunjungan tersebut dipimpin oleh Staf Subbag Persidangan dan Risalah, Budi Hartoyo beserta tenaga ahli. Sebagai bentuk kemitraan bersama media, kunjungan tersebut juga melibatkan tiga perwakilan media dari Koordinatoriat Wartawan Balai Kota-DPRD DKI Jakarta yakni, Harian Terbit, Satya Berita, dan Teropongnews.

Budi Hartoyo selaku pimpinan rombongan mengungkapkan, kunjungan ini dimaksudkan untuk mendapatkan input maupun pola sistem kemitraan lembaga DPRD dengan media massa setempat.

“Jadi maksud dan tujuan kami, agar teman-teman bisa melihat bagaimana DPRD Sulut dalam mengawal pembangunan. Terutama, membangun kemitraan dengan media massa yang menjadi partner dari seluruh anggota legislatif sendiri,” kata Budi.

Menurut Budi, peningkatan kemampuan itu diperlukan, terlebih informasi yang disampaikan oleh jurnalis akan dikonsumsi oleh publik. Sehingga, penting untuk terus meningkatkan kualitas pemberitaan.

“Peran media dalam lingkungan pemerintah sangatlah penting, terutama dalam pembangunan daerah. Khususnya untuk DPRD. Jadi para jurnalis ini diharapkan dapat selalu memberikan informasi terkini dan akurat kepada masyarakat,” ujar dia.

“Sehingga, masyarakat juga tidak mudah terpengaruh oleh berita hoax yang beredar,” sambungnya.

Budi lantas berharap, dari kunjungan ini semua pihak dapat belajar dengan baik, efektif, efisien, dan optimal. Ia meyakini, melalui kerjasama yang erat dengan sekretariat DPRD DKI strategi yang tepat dapat diimplementasikan untuk mencapai pembangunan yang baik.

“Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas. Jadi, yang baik bisa diambil, dan diterapkan dilembaga legislatif,” tutupnya.***

Example 300250
Example 120x600