Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaKesehatan

Akses Layanan Kesehatan Lebih Mudah dengan Kanal Layanan Digital BPJS Kesehatan

×

Akses Layanan Kesehatan Lebih Mudah dengan Kanal Layanan Digital BPJS Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Raisya Rahmawati (21), seorang mahasiswa yang juga merupakan salah satu peserta JKN, membagikan pengalamannya selama menggunakan Aplikasi Mobile JKN.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM,SORONG- Pengembangan kanal layanan administrasi kepesertaan, informasi dan pengaduan secara online merupakan bentuk komitmen BPJS Kesehatan dalam memeberikan kemudahan akses bagi peserta Program JKN.

Langkah ini juga dirancang untuk menjawab tantangan tranformasi digital yang mengharuskan sebagian besar aktivitas masyarakat dilakukan dengan menggunakan teknologi melalui dunia internet. Hal ini disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Pupung Purnama (16/10/2024).

Example 300x600

Pupung mengatakan, pemanfaatan kanal layanan online membawa banyak keuntungan bagi peserta. Peserta dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi dan layanan tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan terutama bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu atau tinggal jauh dari kantor. Dengan berbagai fitur yang tersedia, peserta dapat menghemat waktu dan energi serta mengurangi frekuensi antrean di kantor.

“Kami menyadari, kebutuhan akan layanan kesehatan yang cepat dan efisien sangat penting terutama di era digital ini. Dengan adanya kanal layanan online, kami berharap dapat memberikan kemudahan kepada peserta dalam mengurus administrasi kepesertaan serta memperoleh informasi penting yang mereka butuhkan,” kata Pupung

Pupung kemudian menerangkan, terdapat tiga kanal layanan utama yang disediakan bagi peserta JKN yaitu Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Adminitrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) dan BPJS Kesehatan Care Center 165.

Melalui Aplikasi Mobile JKN, peserta dapat melakukan berbagai aktivitas penting, seperti penambahan peserta, pengecekan ketersediaan tempat tidur, pengambilan antrean online untuk pelayanan di fasilitas kesehatan, mengubah data peserta serta pendaftaran auto debit dan program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) untuk pembayaran iuran peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

Aplikasi Mobile JKN juga menyediakan fitur untuk mengajukan pengaduan terkait layanan JKN, mendapatkan informasi jadwal tindakan operasi, melihat riwayat pembayaran serta lokasi fasilitas kesehatan terdekat.

Peserta juga dapat melakukan pendaftaran, penambahan anggota keluarga, pengaktifan kembali status kepesertaan serta perubahan data kepesertaan dan kelas rawat melalui ayanan Pandawa di nomor 08118165165.

“Semua fitur tersebut dapat diakses dengan mudah oleh semua kalangan, sehingga tidak ada yang merasa tertinggal dalam menggunakan layanan kami. Ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menghadirkan kemudahan akses layanan yang inklusif dan responsif,” terang Pupung.

Pupung menambahkan, selain kedua kanal layanan online tersebut, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan BPJS Kesehatan Care Center 165. Layanan ini berfungsi sebagai kanal pemberian informasi dan penanganan pengaduan secara langsung melalui telepon yang dapat diakses setiap hari selama 24 jam.

Ini memberikan alternatif bagi peserta yang lebih memilih untuk berbicara dengan petugas secara langsung melalui telepon. Pupung menghimbau, kepada seluruh peserta JKN untuk semakin aktif dalam memanfaatkan kanal-kanal layanan yang telah disediakan.

Keterlibatan peserta dalam menggunakan kanal layanan online juga akan membantu BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan secara keseluruhan.

“Penting bagi peserta JKN untuk menyadari layanan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan peserta JKN. Kami berharap, setiap peserta dapat menikmati manfaat layanan kesehatan yang optimal dan responsif serta menjadikan kesehatan sebagai prioritas dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Pupung.

Pada kesempatan terpisah, Raisya Rahmawati (21), seorang mahasiswa yang juga merupakan salah satu peserta JKN, membagikan pengalamannya selama menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Dia mengaku telah aktif menggunakan aplikasi tersebut dan merasa sangat terbantu dalam proses berobat.

“Saya menggunakan Aplikasi Mobile JKN sejak empat bulan lalu dan selalu saya pakai kalau berobat karena lebih praktis dan cepat. Pokoknya sangat membantu,” cerita Raisya.

Raisya juga mengungkapkan, Aplikasi Mobile JKN sangat user-friendly dan mudah digunakan karena telah banyak fitur-fitur yang sangat bermanfaat. Beberapa fitur yang telah aktif dia gunakan seperti fitur antrean online dan info riwayat pelayanan.

“Fitur antrean online membuat saya tidak perlu mengantri panjang lagi saat mau berobat. Setelah pemeriksaan dokter, saya bisa melihat riwayat pelayanan yang diberikan kepada saya. Jika saya lupa dan membutuhkan riwayat tersebut untuk berobat selanjutnya, saya hanya perlu melihat di aplikasi, jadi lebih praktis,” ungkap Raisya.

Example 300250
Example 120x600