Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Politik

Agenda Pilkada Diabaikan, Mendagri Didesak Evaluasi PJ Wali Kota Ambon

×

Agenda Pilkada Diabaikan, Mendagri Didesak Evaluasi PJ Wali Kota Ambon

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian didesak untuk segera mengevaluasi kinerja dari PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya.

Pasalnya, PJ Wali Kota Ambon lebih mementingkan persoalan lain, ketimbang menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024.

Example 300x600

“Banyak agenda terkait dengan Pilkada Kota Ambon, yang tidak pernah dihadiri oleh PJ Wali Kota Ambon, dan hanya diwakilkan, kendati yang bersangkutan sementara berada di Ambon. Padahal, salah satu tugas PJ Wali Kota adalah, menyukseskan agenda pilkada,” tegas salah seorang warga Kota Ambon, Kosmos Yahya kepada wartawan, di Ambon, Sabtu (12/10/2024).

Padahal menurut dia, dari delapan program prioritas yang diusung Dominggus Kaya sebagai PJ Wali Kota Ambon, poin pertama yakni, memfasilitasi persiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Kota Ambon, serta menjaga netralitas ASN. Namun sayangnya, hal itu sama sekali tidak dilakukan.

Dia menegaskan, PJ Wali Kota Ambon lebih fokus untuk melakukan proses perombakan birokrasi, daripada menuntaskan sejumlah masalah yang sementara dialami kota ini.

Yahya menyatakan, PJ Wali Kota tidak perlu fokus untuk melakukan perombakan terhadap birokrasi saat ini, biarkan tugas tersebut diembankan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon yang definitif.

“PJ Wali Kota sepertinya tidak peduli dengan persoalan sampah, yang saat ini menjadi masalah besar bagi Kota Ambon. Yang bersangkutan lebih memilih untuk keluar daerah, untuk menghadiri agenda lain. Jejak digitalnya ada,” ujarnya.

Untuk itu, Yahya meminta Mendagri untuk mengambil langkah tegas. Dia juga menduga, jika ada laporan palsu yang disampaikan PJ Wali Kota Ambon ke Mendagri, saat dievaluasi.

“Jika PJ Wali Kota tidak becus untuk menyukseskan agenda pilkada dan juga menyelesaikan sejumlah persolan di Kota Ambon, maka mendingan mundur saja dari jabatan. Karena PJ Wali Kota itu adalah jabatan untuk melayani masyarakat, bukan untuk menjadi seorang penguasa,” tandas dia.

Example 300250
Example 120x600