Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pemprov DKI Uji Coba MBG di Manggarai, Sediakan 1500 Paket Makanan

×

Pemprov DKI Uji Coba MBG di Manggarai, Sediakan 1500 Paket Makanan

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau program uji coba Makan Bergizi Gratis (MBG) di SMPN 03, Manggarai, Jakarta Selatan, pada Senin (9/9/2024). (Foto: Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar uji coba Makan Bergizi Gratis (MBG) untuk siswa SDN Manggarai 03 dan SMPN 03 Jakarta, Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (9/9/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, paket makanan yang diberikan kepada para siswa berasal dari dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov DKI Jakarta.

Example 300x600

“Total makanan yang disediakan sebanyak 1.500 paket yang disediakan oleh dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI, yaitu PT Bank DKI dan Perumda Dharma Jaya,” ujar Heru Budi dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (9/9/2024).

Setelah itu, ungkap Heru, berdasarkan hasil pengamatannya masih perlu dilakukan penyesuaian porsi dan jenis makanan.

Menurutnya, makanan tersebut harus sesuai dengan jenjang sekolah, yakni Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Siswa Menengah Pertama (SMP).

“Kami sudah satu bulan penuh melaksanakan uji coba makan gratis khusus SD dan SMP. Memang rata-rata siswa suka dengan menunya dan menghabiskan makanannya,” ungkap Heru Budi.

“Tetapi yang menjadi perhatian kami adalah siswa kelas 1 dan 2 SD, juga TK, harus dicarikan menu yang disukai mereka. Makanannya harus habis. Karena kalau tidak habis, asupan kalori gizi yang tersedia di makanan percuma juga,” sambungnya.

Karena itu, Heru Budi meuturkan, pihaknya bersama Perumda Dharma Jaya sedang mencari pola yang tepat untuk pelaksanaan uji coba MBG ini.

Terutama, untuk pelaksanaan uji coba MGB di Sekolah Menengah Atas (SMA) pekan depan, dan uji coba serentak se-Jakarta khusus tingkat SD yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dirut Dharma Jaya yang telah membantu kita mencari pola menu makanan bergizi yang harus dimakan anak didik kita. Kita sedang mencari pola, kalau nanti ini dilaksanakan serentak se-Jakarta khusus SD dulu,” tutur Heru Budi.

“Polanya bagaimana, sehingga makanan sampai di tempat tetap terjaga kalori gizinya,” katanya lagi.

Adapun menu yang disediakan hari ini ada dua jenis. Menu pertama adalah nasi uduk komplit dengan semur, telor, orek tempe, buah pisang, dan air mineral yang disediakan PT Bank DKI sebanyak 500 paket makanan.

Menu kedua adalah nasi putih, beef teriyaki, salad sayur, buah, dan air mineral yang disediakan oleh Perumda Dharma Jaya. Kandungan kalori kedua jenis menu ini berkisar 450-500 kilokalori (kkal) seharga Rp20.000 dan Rp25.000 per paket.

Lalu, pengemasan paket makanan juga aman karena menggunakan wadah food grade yang ditandai logo tara pangan pada kemasan sehingga aman digunakan

“Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi Perumda Dharma Jaya dan Bank DKI untuk penyediaan menu MBG hari ini. Semoga akan makin banyak lagi para siswa yang dapat menikmati program ini,” ucap Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) itu.

Turut hadir mendampingi Heru Budi, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) DKI Jakarta Mirdiyanti, Plt Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati, dan Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Budi Awaluddin.

Selait itu hadir juga Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin, Direktur Utama (Dirut) Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman, dan Direktur Utama PT Bank DKI Agus Haryoto Widodo.***

Example 300250
Example 120x600