Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pemkot Bandung Gelar Nikah Massal Gratis, Catat Tanggal dan Persyaratannya

×

Pemkot Bandung Gelar Nikah Massal Gratis, Catat Tanggal dan Persyaratannya

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Soni Bakhtiar. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB), Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, melalui Dinas Sosial (Dinsos) akan menyelenggarakan nikah massal gratis.

Kepala Dinas Sosial Kota Bandung, Soni Bakhtiar mengatakan, nikah gratis ini ditujukan bagi warga kurang mampu, yang belum pernah menikah secara siri atau di bawah tangan. Nikah massal ini akan berlangsung pada 21 September 2024, di Aula Pendopo, Kota Bandung.

Example 300x600

Ia menyatakan, program ini bertujuan untuk membantu pasangan yang terkendala biaya, dan belum bisa melaksanakan pernikahan secara resmi.

“Target kita adalah 25 pasang calon pengantin, dan mereka harus memenuhi syarat untuk bisa mengikuti nikah massal ini, seperti pasangan baru dan belum pernah menikah di bawah tangan,” ujarnya kepada wartawan, di Bandung, Kamis (12/9/2024).

Soni menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan perlindungan hukum kepada pasangan yang menikah secara resmi, serta memitigasi hubungan di luar nikah yang disebabkan oleh masalah finansial.

“Kami ingin memastikan pasangan pengantin mendapat perlindungan hukum, dan mengantisipasi adanya warga yang tidak mampu menikah karena biaya,” jelasnya.

Pemkot Bandung akan memberikan berbagai fasilitas, mulai dari rias pengantin, baju pengantin untuk pasangan dan orang tua, hingga pemberian mas kawin.

Menurut Soni, hingga saat ini sudah ada lebih dari 75 pendaftar, tetapi hanya mereka yang memenuhi syarat yang akan lolos verifikasi.

“Mereka yang bisa mengikuti kegiatan ini, tentu yang telah memenuhi semua persyaratan. Karena setelah kita verifikasi, banyak juga yang tidak lolos,” tutup dia.

Example 300250
Example 120x600