Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

LRT Velodrome-Manggarai Bakal Diuji Coba Hari Ini

×

LRT Velodrome-Manggarai Bakal Diuji Coba Hari Ini

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi LRT Jakarta. (Foto: beritajakarta.id)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Teknik dan Pengembangan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Group, Dian Takdir mengatakan, LRT Jakarta Fase 1B Veledrome-Manggarai bakal diuji coba pada hari ini. Semua persiapan yang telah dirancang untuk memastikan keamanan dan kelancaran uji coba tersebut.

Dia menjelaskan, sebagai bagian dari persiapan ini, pemindahan peron operasional LRT Fase 1A di Stasiun Velodrome dari sisi barat ke sisi timur akan dilakukan setelah semua pemeriksaan rampung.

Example 300x600

“Langkah ini bertujuan menyelaraskan operasional LRT Jakarta dalam jangka panjang,” kata Dian di Jakarta, Senin (30/9/2024).

Adapun proyek pembangunan LRT Jakarta Fase 1B terus menunjukkan progres signifikan. Progres konstruksi berhasil mencapai 29,17 persen hingga pekan ketiga September 2024.

Salah satu milestone penting yang tengah dipersiapkan adalah test track atau uji coba jalur dari Stasiun Velodrome, yang dijadwalkan pada hari ini. Uji coba itu akan menandai langkah penting dalam memasuki fase lanjutan proyek yaitu pengecekan jalur yang telah dibangun.

Perlu diketahui, Jakpro bersama KSO (PT Waskita Karya Tbk, PT Nindya Karya, dan PT Len Railway System) akan memastikan kesiapan infrastruktur, termasuk jalur, pekerjaan track, serta perangkat pendukung operasional lainnya sebelum uji coba dilakukan.

Kemudian, Dian memaparkan, uji coba jalur LRT Jakarta Fase 1B akan dilakukan menggunakan Kereta Luar Biasa. Setelah persiapan tersebut selesai, dilanjutkan dengan uji coba menggunakan MRV (Maintenance Rail Vehicle) dan satu rangkaian LRV (Light Rail Vehicle).

Dian kembali menjelaskan, pencapaian pembangunan lintasan sepanjang 1,2 kilometer dari Velodrome hingga Rawamangun, dari target 6,4 kilometer rute Velodrome-Manggarai. Hal tersebut mencerminkan komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mempercepat realisasi transportasi massal yang modern, efisien dan ramah lingkungan bagi warga Jakarta.

Proyek LRT Jakarta Fase 1B sendiri dikerjakan dari dua sisi yakni, zona Velodrome-Pramuka dan zona Pramuka-Manggarai. Pembangunan jalur bertujuan mendukung Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral transportasi Jakarta.

Pasalnya, Dian menambahkan, dengan tersambungnya rute Velodrom-Manggarai, LRT Jakarta diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam mengurangi kemacetan. Selain itu guna mendorong penggunaan transportasi publik di Jakarta.

“Kami optimistis uji coba ini akan menjadi langkah positif menuju penyelesaian pembangunan LRT Jakarta Fase 1B,” jelas dia.

“Kami juga berharap dukungan dari masyarakat dan semua pihak dapat terus berlanjut hingga proyek ini siap melayani warga Jakarta dengan lebih baik,” tambahnya.

Dengan begitu, Dian merasa optimistis, melalui langkah-langkah yang sudah direncanakan. Pembangunan ini dapat segera dirampungkan agar memudahkan akses transportasi dan nyaman bagi warga.

“Kami sangat fokus pada setiap detail persiapan untuk memastikan uji coba ini berjalan lancar dan sesuai standar keselamatan yang tinggi,” ungkap Dian

“Proses ini adalah wujud komitmen Jakpro dalam mewujudkan transportasi publik yang modern dan aman bagi masyarakat Jakarta,” kata dia memungkasi.***

Example 300250
Example 120x600