Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaLingkungan

Gerakan Jumat Bersih, Bangun Kesadaran Masyarakat Kota Sorong Dalam Menjaga Lingkungan

×

Gerakan Jumat Bersih, Bangun Kesadaran Masyarakat Kota Sorong Dalam Menjaga Lingkungan

Sebarkan artikel ini
Gerakan Jumat bersih di kelurahan Pal Putih, Kota Sorong.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Gerakan jumat bersih terus digalakkan oleh masyarakat Kota Sorong. Hal itu terlihat dari aksi gotong-royong masyarakat bersama pemerintah kota Sorong dalam membersihkan sampah yang ada di sekitar median jalan.

Pemandangan seperti itu tentunya secara tidak langsung membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar.

Example 300x600

Pemerhati lingkungan, Eko Rianto mengatakan bahwa gerakan jumat bersih ini sudah kelima kalinya dilakukan, yang diiniasi oleh pemerinta kota Sorong di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Walikota Sorong, Bernhard Rondonuwu.

“Kegiatan kerja bakti jumat bersih ini diinisiasi oleh pemerintah kota Sorong lewat PJ walikota yang baru. Jadi sudah rutin dan ini yang kelima kalinya semenjak kepemimpinan beliau,”jelasnya kepada teropongnews.com, Jumat (27/9/2024).

Dalam kegiatan itu, Pj. Walikota juga memantau berkeliling dan memantau langsung tempat-tempat yang akan dibersihkan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat di masing-masing kelurahan.

Eko mengungkapkan, sampah yang paling banyak ditemukan adalah sampah popok bayi bekas pakai yang tentunya sangat mencemari lingkungan. Apalagi, kebanyakan sampah tersebut banyak dibuang di median jalan atau di jalan umum.

“Ada tumpukan sampah di kilomerter 13 dan sampah itu sepertinya sudah sangat lama sekali, dan paling banyak itu popok bayi. Makanya selain teman-teman melakukan aksi bersih-bersih, kita juga posting di sosmed. Bukan niat apa-apa, tapi hakikatnya agar menjadi sentilan buat orang yang saat ini belum sadar lingkungan,”jelasnya.

Ia berharap, agar masyarakat sadar dalam menjaga lingkungannya dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Kerena selain merusak lingkungan, sampah juga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di kota Sorong.

Example 300250
Example 120x600