Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Gaya Hidup

Gandeng Abang None Jakarta, Batik Marunda Guncang Senayan City

×

Gandeng Abang None Jakarta, Batik Marunda Guncang Senayan City

Sebarkan artikel ini
Berkolaborasi dengan Yayasan Merek Nusantara, Batik Marunda menggelar Fashion Show di Main Atrium lantai 1, Senayan City, Jakarta, pada Senin (23/9/2024). (Foto: Pierre Immanuel/TN)
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Berkolaborasi dengan Yayasan Merek Nusantara, Batik Marunda mampu memukau dan mengguncang penonton dalam gelaran Fashion Show di Main Atrium lantai 1, Senayan City, Jakarta, pada Senin (23/9/2024).

Dalam gelaran itu, Batik Marunda juga menggandeng Abang None Jakarta untuk memperkenalkan batik karya ‘emak-emak’ di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Marunda, Jakarta Utara.

Example 300x600

Pembina Batik Marunda, Irma G Sinurat mengatakan acara bertajuk ‘Sasmita Jakarta; Lukisan Cerita Wajah Jakarta’ mampu mendukung pemberdayaan perempuan di Rusun Marunda. Bahkan dapat melestarikan keberadaan batik Marunda yang telah menjadi batik khas kota Jakarta.

“Kita ingin warga Jakarta harusnya bisa membantu ibu-ibu yang di rusun untuk berdaya agar perekonomian mereka bisa terangkat. Itu yang kita mau makanya kita harus perkenalkan,” kata Irma usai acara saat ditemui awak media di Senayan City, Jakarta, pada Senin (23/9/2024).

Irma bercerita Batik Marunda berawal di tahun 2014 atas inisiatif Ibu Iriana Joko Widodo, yang ketika itu sebagai istri Gubernur DKI Jakarta, menugaskan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI.

“Ibu Iriana menugaskan Dekranasda DKI Jakarta yang diketuai lbu Veronica Tan untuk memberikan program pemberdayaan anggota keluarga yang direlokasi dari kawasan kumuh ke rumah susun Marunda di Jakarta Utara,” jelas Irma.

Dekranasda DKI kemudian memberi pelatihan membatik tulis di rumah susun Marunda dan Dharma Wanita Persatuan Provinsi DKI Jakarta. Irma juga mengungkapkan Dekranasda DKI menjadi pendamping ibu-ibu rusun Marunda pada tahap mereka memulai dan memasarkan produksinya.

Sebab, Dekranasda DKI menugaskan untuk membuat pemberdayaan perempuan di rusun dan mencari CSR. Pada batch pertama pelatihan ada sekitar 100 orang yang ikut, namun yang bertahan hanya dua orang.

“Sekarang hanya terdapat 12 orang pebatik di Batik Marunda, hanya 10 persen dari tiga kali pelatihan. Buka lagi di Rusun Rawa Bebek ada 8 sampe 9 orang. Di Pesakih melatih sulam karena buat sulam saja susah dijual,” ungkap Irma.

Proses pengerjaan Batik Marunda pun tersebar di tiga rusun tersebut. Batik ini menghadirkan motif yang khas dengan tahapan satu rusun mencanting, pencelupan di Marunda, dan tahap finishing dilakukan di Pesakih.

Di Rusun Marunda sendiri terdapat 30 kepala keluarga dengan 11 ribu orang. Rusun bagian atas sebagai tempat tinggal dan di bawah untuk kegiatan pemberdayaan kegiatan termasuk membatik.

Pembina Batik Marunda, Irma G Sinurat Pembina Batik Marunda, Irma G Sinurat saat ditemui usai acara bertajuk ‘Sasmita Jakarta; Lukisan Cerita Wajah Jakarta’ di Senayan City, Jakarta Pusat, pada Senin (23/9/2024). (Foto: Pierre Immanuel/TN)

Irma menjelaskan, motif batik Marunda berbeda batik Betawi. Jika batik Betawi kebanyakan mengangkat ikon-ikon Jakarta seperti Monas dan ondel-ondel, batik Marunda mengangkat flora dan fauna yang ada di ibu kota.

“Motif batik dibuat lebih besar ketimbang motif batik yang banyak beredar di Jawa, dengan gaya yang lebih kekinian,” papar dia.

Lebih lanjut, Irma mencontohkan motif teratai dari Lebak Bulus yang terdiri dari bunga teratai dan kura-kura atau bulus. Ada pula motif bunga bandotan di Taman Menteng yang terinspirasi dari bunga liar yang tumbuh dengan warna-warni di pinggir jalan.

“Begitu juga motif perkampungan, yang menggambarkan kondisi perkampungan di kawasan Kampung Rorotan,” pungkasnya.

Sekadar informasi, pendistribusian Batik Marunda pun dilakukan lewat beberapa cara mulai dari Alun-Alun Indonesia, Kunstkring. Batik Marunda juga punya galeri kecil di Lebak Bulus, Taman SPBU. Batik Marunda juga ikut serta dalam ragam pameran dan dijual secara online di akun Instagram dan website Batik Marunda.***

Example 300250
Example 120x600