Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Bisnis

BNI Menari di Panggung Global via Indonesia Inc.

×

BNI Menari di Panggung Global via Indonesia Inc.

Sebarkan artikel ini
Foto: Humas IBF.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Bank Negara Indonesia (BNI) memainkan peran kunci dalam strategi globalisasi ekonomi yang dicanangkan oleh Kementerian BUMN melalui inisiatif Indonesia Incorporated (Indonesia Inc.). BNI bersama Perusahaan BUMN lainnya, berupaya menembus pasar internasional dan memperkuat posisinya di panggung global.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menjelaskan bahwa seperti halnya Menteri Erick Thohir misinya adalah membuat BUMN termasuk BNI, mampu bersaing di panggung ekonomi global dengan gesit, indah, dan penuh tenaga, seperti tarian Flamenco.

Example 300x600

“Pada saat saya mendapat tugas menata BNI, misi atau tujuan saya adalah memiliki BUMN yang menari di dalam persaingan ekonomi global,” ujarnya dalam rilis pers dikutip di Jakarta, Sabtu (3/8/2024).

Pada Juni 2023, Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Indonesia Inc. sebagai salah satu strategi utama untuk mendorong BUMN, termasuk BNI, mencari peluang di pasar global.

Peresmian kantor BNI di Hong Kong menjadi langkah awal yang signifikan dalam upaya ini. Hong Kong dipilih sebagai lokasi strategis karena posisinya sebagai pusat keuangan global, yang dianggap dapat memainkan peran penting dalam internasionalisasi BUMN Indonesia.

Inisiatif Indonesia Inc. bertujuan untuk memberikan kemudahan akses berbisnis dengan BUMN Indonesia, menjalin kemitraan berkelanjutan, dan mengembangkan bisnis bersama.

“Kami memilih Hong Kong, karena pusat keuangan global di sini dapat memainkan peran penting dalam internasionalisasi BUMN Indonesia,” ujar Royke Tumilaar.

Selain mendirikan kantor di Hong Kong, Indonesia Inc. juga mendorong kolaborasi antara BUMN dan perusahaan global di berbagai benua.

Beberapa kemitraan strategis yang telah terjalin termasuk kerja sama antara Pelindo dan Dubai Port, Angkasa Pura II dengan GMR Airports Consortium dari India, serta Pertamina Bina Medika IHC dengan Mayo Clinic dan Swire Pacific Limited.

Royke Tumilaar berpendapat bahwa kolaborasi global adalah cara tercepat bagi BUMN untuk menjadi pemain global.

“Kunci melenggang ke persaingan global adalah kolaborasi,” tegasnya.

Transformasi BUMN, termasuk BNI, di bawah kepemimpinan Erick Thohir tidak hanya terbatas pada kolaborasi global, tetapi juga mencakup berbagai aspek lainnya. Holdingisasi dan konsolidasi menjadi pilihan strategis untuk mendorong kinerja BUMN agar lebih lincah dan terintegrasi. Transformasi ini mencakup perubahan model bisnis, restrukturisasi keuangan, dan digitalisasi.

Digitalisasi, misalnya, telah dilakukan secara masif oleh BNI dengan meredefinisi portofolio bisnisnya untuk mengembangkan layanan perbankan digital yang inovatif.

“BNI terus bertransformasi menjadi bank yang lebih modern dan responsif terhadap kebutuhan pasar global dan masyarakat modern,” katanya.

Langkah-langkah transformasi dan kolaborasi yang dilakukan oleh BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir menjadi fondasi penting untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

Dengan transformasi yang berkelanjutan dan strategi kolaborasi global yang efektif, BUMN Indonesia diharapkan dapat menjadi pilar utama dalam membawa Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Langkah-langkah ini juga diabadikan dalam buku “Elephant Learns Flamenco: BUMN Menuju Indonesia Emas 2045” yang diluncurkan hari ini. Buku ini menggambarkan perjalanan sejumlah BUMN, termasuk BNI, dalam mendukung visi Indonesia untuk menjadi ekonomi terdepan di dunia.

Example 300250
Example 120x600