Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Kaya: OPD Harus Belajar Cara Susun Metadata Statistik Sektoral

×

Kaya: OPD Harus Belajar Cara Susun Metadata Statistik Sektoral

Sebarkan artikel ini
Sekkot Ambon, Agus Ririmasse, saat membuka Bimtek Metadata Statistik Sektoral Tahun 2024, di Elizabeth Hotel, Selasa (30/7/2024). Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo Sandi) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Metadata Statistik Sektoral Tahun 2024, di Elizabeth Hotel, Selasa (30/7/2024).

“Kegiatan ini diselenggarakan, agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diajarkan bagaimana caranya menyusun metadata statistik sektoral yang baik, sehingga menghasilkan dokumen yang baik,” kata PJ Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse.

Example 300x600

Dia berharap, ilmu yang diterima oleh 80 orang peserta yang tersebar di seluruh OPD lingkup Pemkot Ambon ini akan memberikan hasil yang baik, agar pengelolaan metadata statistik sektoral Pemkot tahun 2024 ini valid, dan tertanggung jawab.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat diikuti dengan seksama oleh para peserta, sehingga memperoleh pemahaman yang komperhensif terkait dengan tugas dan fungsi kita dalam menyusun metadata statistik,” pungkas Kaya.

Untuk diketahui, Metadata merupakan informasi terstruktur terkait suatu data yang menggambarkan, menjelaskan, menemukan atau menjadikan suatu informasi dari data, mudah untuk ditemukan kembali dan digunakan atau dikelola, guna memudahkan pencarian, menghindari duplikasi serta memberikan penyajian (data) dan memudahkan evaluasi.

Pemberlakuan penggunaan Metadata pada birokrasi ini diatur pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI), yang mencantumkan Kewajiban Penyusunan Metadata Bagi Penyelenggara Kegiatan Statistik, dalam hal ini produsen data.

Bimtek meta data yang dilaksanakan selama sehari ini, menghadirkan narasumber utama Plt. Kepala Diskominfo dan Persandian Kota Ambon, Ronald H. Lekransy, serta pemateri dari BPS Kota Ambon.

Example 300250
Example 120x600