Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Bisnis

GoTo dan TikTok Kerja Sama Perluas Penyediaan GoPay Later di ShopTokopedia

×

GoTo dan TikTok Kerja Sama Perluas Penyediaan GoPay Later di ShopTokopedia

Sebarkan artikel ini
Foto: Humas GoTo.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, Jakarta – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo), mengumumkan perluasan kerja sama dengan TikTok melalui penyediaan produk “Buy Now, Pay Later” (BNPL) GoPay Later di ShopTokopedia yang terdapat di aplikasi TikTok.

GoTo dan TikTok sepakat mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, termasuk menyediakan akses ke layanan keuangan.

Example 300x600

Direktur Grup GoTo Hans Patuwo mengatakan pihaknya senang dapat memperluas kerja sama strategis dengan TikTok melalui peluncuran GoPay Later.

“GoPay Later melengkapi ketersediaan GoPay sebagai metode pembayaran yang aman dan mudah di ShopTokopedia, memberikan pengguna berbagai layanan keuangan di platform ShopTokopedia dan di saat yang sama, mendorong pertumbuhan bisnis GoTo dan TikTok,” kata dia melalui rilis pers resmi di Jakarta, Senin (29/7/2024).

GoPay Later merupakan layanan dari GoTo Financial, unit bisnis Financial Technology dari GoTo. Melalui GoTo Financial, GoTo berupaya membuka akses finansial ke setiap lapisan masyarakat, termasuk bagi mereka yang belum memiliki akses ke layanan keuangan yang aman dan bertanggung jawab.

Saat ini, menurut data Bank Indonesia, lebih dari 97 juta orang dewasa di Indonesia belum memiliki akses ke layanan keuangan yang aman dan bertanggung jawab.

Hans melanjutkan, dalam memberikan layanan keuangan, GoTo Financial selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian dan praktik bertanggungjawab, seperti melakukan komunikasi yang transparan dengan konsumen, memberikan pinjaman sesuai kemampuan meminjam pengguna.

“Dan membekali pengguna dengan edukasi finansial,” tutur Hans.

Direktur Utama Tokopedia dan TikTok Ecommerce Melissa Siska Juminto mengatakan pihaknya merasa bangga dapat bekerja sama dengan GoTo sebagai mitra strategis.

“Dalam memperluas penawaran kami kepada pengguna di Indonesia, sehingga memberikan kontribusi yang lebih luas terhadap ekonomi digital nasional. GoPay Later di ShopTokopedia akan membantu kami menyediakan lebih banyak opsi pembayaran fleksibel kepada pedagang dan usaha kecil, memungkinkan mereka menawarkan pengalaman belanja yang lebih mulus kepada pelanggan mereka,” katanya.

GoPay Later sebagai metode pembayaran cicilan di ShopTokopedia di aplikasi TikTok memberikan beragam manfaat bagi pengguna, yakni pertama proses kredit yang simpel, di mana pengguna yang sudah menggunakan GoPay Later hanya perlu menyelesaikan proses verifikasi data melalui verifikasi wajah.

Kedua, limit hingga Rp10 juta, ditentukan berdasarkan penilaian risiko. Ketiga, pilihan tenor fleksibel mulai dari 1, 3, 6 hingga 12 bulan.Keempat, tanpa minimum transaksi.

Pada kuartal pertama 2024, bisnis pinjaman konsumen GoTo Financial memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan topline GoTo. Jumlah pinjaman yang diberikan (outstanding loan) GoTo, termasuk produk BNPL dan pinjaman tunai, meningkat sebesar 43% dari kuartal sebelumnya dan naik tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp2,7 triliun. Di saat yang sama, tingkat rasio kredit macet (non performing loan/NPL) tetap terjaga.

Example 300250
Example 120x600