BeritaPendidikan

SMK Papua Bangkit Diresmikan, Ada 6 Program Keahlian

×

SMK Papua Bangkit Diresmikan, Ada 6 Program Keahlian

Sebarkan artikel ini
Peresmian SMK Papua Bangkit yang ditandai dengan pemukulan tifa. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Penjabat (Pj) Walikota Sorong, Septinus Lobat meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Papua Bangkit, Jumat (21/6/2024).

Peresmian itu dilakukan di SMP 5 Kota Sorong di Jl. Kapitan Pattimura kelurahan Soprau, Distrik Maladumes, Kota Sorong, Papua Barat Daya, dengan ditandai pemukulan tifa.

Pj. Walikota, Septinus Lobat memberikan apresiasi kepada Yayasan Bangun Persaudaraan, yang begitu sigap membantu pemerintah daerah untuk membangun pendidikan di tanah Papua khususnya di Papua Barat Daya.

“Khususnya di kota Sorong, karena kita masih merindukan pembanguna di bidang pendidikan Sehingga bertambahnya satu pendidikan baru ini menjadi daya ungkit untuk pembangunan pendidikan di Papua Barat Daya,”ujarnya.

Septinus berharap, sekolah yang baru diresmikan tersebut dapat berjalan dengan baik dan semakin banyak generasi muda di Kota Sorong yang sukses secara ilmu pengetahuan.

Sebagai pendiri SMK Papua Bangkit, Mananwir Paul Fincen Mayor mengatakan bahwa sekolah tersebut didirikan karena terdapat 31.216 anak asli Papua tidak bersekolah.

“Bayangkan itu yang asli Papua, belum yang peranakan dan yang lahir besar di Papua. Artinya mungkin ada sekitar hampir 100.000 orang asli Papua yang tidak sekolah,”kata Paul yang juga Senator DPD RI Papua Barat Daya.

Selain itu, yang melatarbelakangi pendirian SMK Papua Bangkit ini juga karena izin-izin pertambangan akan keluar di seluruh tanah Papua, sehingga harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di sekolah yang mempunyai jurusan perminyakan dan pertambangan.

“Jurusan tersebut ada di SMK Papua Bangkit. Hal itu untuk mendukung mereka agar besok bisa selesai sekolah bisa langsung mendapatkan lapangan pekerjaan,”terang Paul.

Paul menambahkan, pihaknya juga ke depan akan berdiskusi dengan pemerintah kota Sorong agar sekiranya menyediakan bus sekolah dari Kota menuju Suprauw.

“Bus ini perlu agar adik-adik tidak lagi menumpang truk-truk apalagi dengan cara bergelantungan di truk. Ini sangat berbahaya,”pungkasnya.

SMK Papua Bangkit telah membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024-2025 mulai tanggal 21 Juni – 29 Kini 2024 dengan lokasi pendaftaran di SMP Negeri 5 Kota Sorong dan Kantor Dewan Adat Papua, Jl. Pendidikan kilometer 8, lorong 5 tanjung Permai.

SMK PPapua Bangkit memiliki 6 pilihan program keahlian yakni,

  1. Teknik Geologi Pertambangan (4 tahun)
  2. Teknik Perminyakan
  3. Teknologi Farmasi
  4. Layanan Kesehatan/Keperawatan
  5. Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi
  6. Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis