BeritaDaerah

Rumah Potong Hewan Merauke Layani 115 Ekor Sapi Kurban

×

Rumah Potong Hewan Merauke Layani 115 Ekor Sapi Kurban

Sebarkan artikel ini
Suasana pelayanan di Rumah Potong Hewan Mopah Lama Merauke
Suasana pelayanan di Rumah Potong Hewan Mopah Lama Merauke

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Rumah Potong Hewan (RPH) Kabupaten Merauke, Papua Selatan melayani pemotongan 115 sapi kurban yang dikurbankan pada hari Idul Adha 1445 Hijrah tahun 2024.

Hari pertama, melayani 55 ekor sapi, hari kedua 55 ekor dan hari ketiga 6 ekor, dilayani 168 personil dari Dinas Ketahanan Pangan Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke juga di bantu dari Mahasiswa Politeknik 30 personil.

“Kami melayani dari pagi, sesuai dengan permintaan. Ada yang minta satu ekor sapi dibagi empat bagian dan dalam bentuk sudah dikemas per kilogram,” terang Kadis Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Martha Bayu Wijaya, Senin, (17/6/2024) di RPH Mopah Lama Merauke.

Tahun ini, Dinas Peternakan tidak mempunyai anggaran untuk pemotongan sehingga dari dua jenis permintaan ini ada biaya penyembelihan yaitu Rp 400 ribu untuk satu ekor sapi bagi empat dan Rp 500 ribu untuk satu ekor sapi yang sudah dipotong-potong, dipisahkan dan dikilokan.

Selain pelayanan di RPH, pemotongan hewan kurban juga dilakukan di masjid-masjid. Total keseluruhan hewan kurban yang tercatat untuk disembelih sebanyak 768 ekor. Distrik Merauke 265 ekor sapi, kambing 110 ekor. Distrik Semangga, Tanah Miring, Kurik, Malind, Sota, Jagebob, Tanah Miring, Ulilin dan Elikobel sebanyak 267 ekor sapi dan 126 ekor kambing.