Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Nasional

PUPR: Istana Negara IKN Dialiri Air Bersih Siap Minum pada Juli 2024

×

PUPR: Istana Negara IKN Dialiri Air Bersih Siap Minum pada Juli 2024

Sebarkan artikel ini
Progres pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Foto: x/@jokowi.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, ditargetkan pada pertengahan Juli 2024 sudah dialiri air bersih siap minum.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Hidayat Sumadilaga menyebutkan, pertengahan Juli 2024 bulan depan ditargetkan sejumlah bangunan di Kota Nusantara sudah dialiri air bersih yang bisa langsung diminum.

Example 300x600

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), saat ini sedang menyelesaikan sistem jaringan pipa distribusi untuk mengalirkan air bersih menuju Kota IKN Nusantara.

“Jaringan pipa distribusi air bersih itu dari Intake Sungai Sepaku kapasitas 3.000 liter per detik, tapi awal didistribusikan 300 liter per detik,” kata Danis dalam keterangannya, dikutip di Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Danis menjelaskan kemajuan pembangunan jaringan pipa distribusi air bersih dari Intake Sungai Sepaku sepanjang 16 kilometer sudah mencapai 97 persen. Kemudian, pemasangan pipa distribusi dan pipa pembagi sepanjang 20 kilometer juga terus dipercepat.

Menurut dia, ketersediaan air bersih di Kota IKN yang bisa langsung diminum, sudah melalui sejumlah tahapan proses penyaringan sampai pemanfaatan teknologi ozon.

Adapun pengaliran air bersih di Kota Nusantara tahap awal dimulai dari kawasan Istana Negara, apartemen atau tower rumah susun (rusun) aparatur sipil negara (ASN), dan Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko).

Berikutnya, Rumah Tapak Jabatan Menteri, Rumah Sakit Hermina, serta Hotel Nusantara juga menjadi prioritas pengaliran air bersih tahap pertama di ibu kota negara baru Indonesia.

“Sekitar pekan kedua atau ketiga Juli 2024, sejumlah bangunan itu sudah dialiri air bersih bisa langsung diminum,” ujarnya.

Saat pelaksanaan upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 di Kota Nusantara, ia optimistis air bersih sudah mengalir di IKN. (**)

Example 300250
Example 120x600