Nasional

Menhub: Pembangunan Jalur Kereta Otonom Tanpa Rel di IKN Rampung, Siap Diujicoba Agustus

×

Menhub: Pembangunan Jalur Kereta Otonom Tanpa Rel di IKN Rampung, Siap Diujicoba Agustus

Sebarkan artikel ini
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan lokasi pembangunan Kereta Otonom (ART) di IKN. Foto: Instagram/budikaryas.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan jalan yang juga merupakan jalur kereta otonom tanpa rel atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah rampung.

Menhub Budi Karya pun mengapresiasi jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah menyelesaikan pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN, salah satunya untuk jalur ART.

“Insyaallah, dengan jalur yang sudah ada, ART bisa diuji coba pada bulan Agustus nanti,” kata Budi dalam keterangannya kepada wartawan Selasa (4/6/2024).

Menhub Budi kembali meninjau lokasi pembangunan kereta otonom atau ART di IKN Nusantara. Menurut dia, uji coba ART dapat dilakukan pada Agustus 2024 mendatang, seiring telah selesainya pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat.

Budi menjelaskan, Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat memiliki jalur lalu lintas sebanyak enam jalur, dengan satu lajur khusus bus dan ART. Menurutnya, jalan yang sudah selesai dibangun ini punya tekstur yang sangat halus.

“Aspal di jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat ini sangat halus dan punya kelenturan yang luar biasa. Hal ini tentu akan membuat nyaman para pengendara dan penumpang yang melintas,” ucapnya.

Menhub juga menuturkan, IKN dirancang sebagai kawasan yang menerapkan konsep kota cerdas berlandaskan prinsip hijau dan berkelanjutan.

Menurutnya, kehadiran ART di IKN sesuai dengan prinsip tersebut. Sebab, mampu meningkatkan efisiensi serta keamanan dalam bermobilitas, dan yang tak kalah penting ialah ramah lingkungan.

“ART dioperasikan menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Alhasil, kendaraan ini ampuh untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi,” katanya.

Lebih lanjut, Menhub berharap IKN dapat menjadi pelopor kota berbasis transportasi cerdas di tanah air.

“Semoga IKN bisa menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam hal mengembangkan transportasi cerdas,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *