BeritaDaerah

Anggota PPD Merauke Ikuti Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi Sidalih dan E-Coklit

×

Anggota PPD Merauke Ikuti Bimtek Pemutakhiran Data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi Sidalih dan E-Coklit

Sebarkan artikel ini
Pembukaan Bimtek bagi Anggota PPD untuk 22 Distrik di Kabupaten Merauke

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – KPU Kabupaten Merauke menyelenggarakan bimbingan teknis pemutakhiran data pemilih dan penggunaan aplikasi Sidalih dan E-Coklit untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati di Kabupaten Merauke tahun 2024.

Bimtek dipusatkan di Swissbelhotel Merauke selama dua hari yakni 10-11 Juni 2024 diikuti Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dari 22 Distrik di Kabupaten Merauke.

Divisi Perencanaan dan Informasi KPU Kabupaten Merauke Yoga Trenggono mengatakan, Bimtek dilakukan guna melatih Badan Ad hoc secara berjenjang untuk melakukan coklit dengan benar dalam hal data penduduk di lapangan.

Ketua KPU Kabupaten Merauke, Rosina Kebubun dalam sambutannya menegaskan, pada saat pemutakhiran data pemilih benar-benar diperhatikan keakuratannya dan memastikan semua masyarakat sudah terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) supaya tidak ada keributan pada saat pelaksanaan pemungutan suara. Dikatakan, data pemilih sangat penting karena data tersebut akan berkorelasi dengan logistik yang disiapkan semua sesuai jumlah DPT dan tambahnya 2,5 persen.

“Tanggal 24 Juni sampai 24 Juli petugas pemutakhiran data pemilih mulai melakukan coklit. Peresmian Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sudah mulai per 13-17 Juni. Pastikan bahwa petugas coklit benar-benar melakukan coklit dari rumah ke rumah untuk memastikan, mencocokan dan melakukan penelitian terhadap masyarakat yang ada di wilayahnya masing-masing,” pungkas Rosina.

“Kita lakukan Bimtek supaya teman-teman PPD punya pemahaman terkait regulasi, dan aplikasi yang digunakan. Bimtek dilakukan sampai pada tingkat aplikasinya supaya bisa memahami penggunanya seperti apa, selanjutnya PPD akan melakukan Bimtek yang sama untuk kawan-kawan Panitia Pemungutan Suara (PPS),” tuturnya.

Terakhir Rosina Kebubun mengajak semua penyelenggara optimis bahwa pelaksanaan Pilkada 2024 ini harus sukses seluruh tahapan, sukses penyelenggaraan dan sukses pertanggungjawaban keuangan dengan mengikuti seluruh regulasi aturan yang berlaku, bekerja dengan serius dan hati-hati serta bertanggungjawab.