BeritaPolitik

Mewakili Anak Muda, Yosan Fadirubun Daftar Balon Wakil Walikota Sorong ke PSI

×

Mewakili Anak Muda, Yosan Fadirubun Daftar Balon Wakil Walikota Sorong ke PSI

Sebarkan artikel ini
Balon Wakil Walikota Sorong Mohammad Yosan Fadirubun mengembalikan berkas persyaratan ke DPD PSI Kota Sorong, Jumat (24/5/2024).

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Bakal calon (Balon) Wakil Walikota Sorong Mohammad Yosan Fadirubun mengembalikan berkas persyaratan Balon ke DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Sorong, Jumat (24/5/2024).

Dalam wawancaranya, Yosan Fadirubun mengatakan bahwa selain PSI, dirinya juga sudah mendaftar di Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

“Saya memilih untuk menjadi 02 (Wakil Walikota) karena wujud penghargaan, rasa terimakasih, dan penghormatan bagi Orang Asli Papua (OAP). Walaupun banyak desakan dari bawah untuk saya maju 01 (Walikota),”ujarnya.

Kendati demikian, jika ke depan partai yang mengusung ingin dirinya maju sebagai Walikota Sorong ia pun tidak bisa menolak.

Di samping itu, sebagai anak muda yang lahir dan tumbuh besar di Kota Sorong, Yosan mengungkapkan bahwa alasan dibalik dirinya maju sebagai Balon Wakil Wali Kota Sorong adalah besarnya dorongan para pemuda, dan masyarakat kota Sorong yang menginginkan adanya sosok pemimpin muda yang bisa membawa kota Sorong lebih baik.

Apalagi, mewakili pemuda yang nasionalis ia bisa merangkul semua kalangan, baik di bidang olahraga seperti sepakbola, entrepreneurship.

“Saya adalah mantan ketua HIPMI, juga salah satu Majelis pertimbangan pemuda KNPI Papua Barat Daya, mantan aktivis HMI, sehingga untuk mewakili keseluruhan pemuda saya masuk dalam kategori itu. Lagi pula kami hadir sampai di sini juga atas desakan pemuda, karena teman-teman pemuda melihat sudah 20 tahun perjalanan Kota Sorong, pasangan 01 dan 02 selalu orang tua sehingga perubahan sudah harus diperlukan. Kalau bisa serba muda,”ungkapnya.

Adapun konsep perubahan yang akan ia bawa dalam pertarungan Pilkada besok adalah mengenai isu strategis dalam mengatasi banjir dan sampah, pemerataan pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan, serta reformasi birokrasi.

Ketua Desk Pilkada DPD PSI Kota Sorong, Ardhan memberikan apresiasi kepada Yosan Fadirubun yang mempunyai niat besar untuk maju Balon Wakil Walikota Sorong lewat rekomendasi PSI.

“Pada intinya dari berkas yang sudah dikembalikan ini selanjutnya kami verifikasi sesuai mekanisme partai. Jika ada kekurangan, kami akan sampaikan untuk bisa dilengkapi oleh bakal calon tersebut,”jelasnya .

Setelah dilakukan verifikasi, rekomendasi akhir akan dilakukan oleh PSI pusat. Kendati demikian, rekomendasi di daerah juga akan dipertimbangkan, mengingat PSI di daerah yang bekerja secara total untuk memenangkan kandidat daerah.

“Selain itu, kandidat yang memenuhi syarat harus sesuai dengan trilogi perjuangan PSI, itu yang bakal kami rekomendasikan,”katanya.

Ardhan menambahkan, pendaftaran dan penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota dibuka dari tanggal 9 Mei 2024 dan batas pengembalian formulir sampai dengan 31 Mei 2024.

Pada kesempatan yang sama, ketua DPD PSI Kota Sorong, Surung Sibarani mengatakan bahwa konsep PSI dilahirkan dari Trilogi Perjuangan yaitu menebar kebajikan, merawat keragaman dan mengukuhkan solidaritas. Sehingga bakal calon yang mendaftar harus mempunyai nilai trilogi tersebut.

“Kami kan punya trilogi perjuangan yang salah satunya mennebar kebajikan. Menebar kebajikan berarti berbuat hal-hal yang baik kepada masyarakat, jadi secara secara kolektif itu terakomodir dari seluruh segmen pelayanan kehidupan bermasyarakat,”terangnya.

Surung menambahkan, pendaftaran bakal calon Walikota Sorong dan wakil Walikota Sorong dibuka bagi siapa pun dan dari partai mana pun. Yang terpenting bagi figur-figur yang mendaftar harus mempunyai nilai-nilai PSI di dalam diri mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *