Bisnis

Lima Jenis Ikan Air Tawar Ini Mudah Dibudidaya dan Siap Dipanen di Rumah

×

Lima Jenis Ikan Air Tawar Ini Mudah Dibudidaya dan Siap Dipanen di Rumah

Sebarkan artikel ini
Lima Jenis Ikan Air Tawar Ini Mudah Dibudidaya dan Siap Dipanen di Rumah

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pandemi membuat sebagian orang harus memulai kebiasaan baru atau menjalankan hal yang dapat dikerjakan agar tetap produktif saat berada di rumah, seperti ada yang memelihara atau membudidaya ikan air tawar, ujungnya untuk dipanen sendiri ataupun dijual ke konsumen.

Tentu memelihara ikan air tawar di rumah membutuhkan kolam buatan yang biasanya bisa dibuat dari hasil pengurukan tanah, campuran semen dan pasir, atau bisa menggunakan kolam terpal.

Berikut beberapa jenis ikan air tawar yang cukup mudah bila dibudidaya di rumah, dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (22/5/2024):

  1. Ikan lele

Memelihara lele di rumah terbilang cukup mudah lantaran ikan ini memiliki waktu panen yang sangat cepat, dari pembelian benih hingga ukuran konsumsi bisa dilakukan dalam rentang waktu tiga bulan saja.

Namun, negatifnya memelihara lele ialah air di kolam dapat menimbulkan bau yang tak sedap serta ikan ini tidak boleh telat diberi pakan. Mengingat, lele memiliki sifat kanibal apabila kelaparan.

  1. Ikan mujair/nila

Benih ikan mujair atau ikan nila mudah didapat, ada di pasar ikan maupun tengkulak ikan. Memelihara jenis ikan ini terbilang mudah, tidak memerlukan oksigen dan bisa diberikan pangan berupa pelet.

Masa pemanenan ikan nila sudah dapat dilakukan setelah masa pemeliharaan 4-6 bulan dengan berat yang bevariasi, yaitu antara 400-600 gram per ekor.

  1. Ikan bawal

Ikan bawal cukup mudah dipelihara, terlebih dalam medium yang agak luas, dengan demikian proses pembesarannya akan semakin baik. Pakan dapat diberikan pelet dan sayuran seperti kangkung ataupun daun pepaya.

Waktu panen ikan bawal dapat dilakukan setelah ikan berumur 4–5 bulan, atau setidaknya jika berat tubuh ikan bawal sudah mencapai 300–500 gram.

  1. Ikan gurami

Gurami termasuk jenis ikan yang banyak dikonsumsi manusia. Bibit gurami memang terbilang lebih mahal ketimbang bibit ikan lainnya, lantaran ikan ini dapat memiliki bobot yang relatif besar. Pemberian pakan pun simpel, bisa diberi pelet ataupun daun seperti papaya ataupun talas.

Perlu diketahui, lama panen ikan gurame bisa mencapai 12 bulan bahkan lebih. Semakin berat bobot ikan, maka akan semakin mahal harga jual gurami tersebut.

  1. Ikan mas

Budidaya ikan mas juga bisa dibilang tidak sulit karena jenis ikan ini suka sekali makan, hal ini membuat pertumbuhannya sangat cepat. Banyak pembudidaya tertarik untuk memelihara ikan mas karena bisa hidup di berbagai jenis lingkungan.

Jika ikan sudah berbobot 300-400 gram per ekor, ini sudah bisa dipanen. Tentu waktu panen dalam budidaya ikan mas bervariasi tergantung dari ukuran yang diinginkan dan teknik budidaya yang digunakan.

Demikian informasi perihal beberapa jenis ikan yang mudah dibudidaya, dipelihara, hingga dipanen di rumah. Silakan dicoba dan semoga memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *