Berita

Polres Raja Ampat Gelar Apel Operasi “Ketupat Mansinam 2024” Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H

×

Polres Raja Ampat Gelar Apel Operasi “Ketupat Mansinam 2024” Dalam Rangka Pengamanan Idul Fitri 1445 H

Sebarkan artikel ini
Foto bersama Plt Waka Polres Raja Ampat Kompol Rusli bersama stakeholder sesusai Apel Gelar Pasukan Operasi Mansinam 2024, Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI – Bertempat di Lapangan Apel Mako Polres Raja Ampat Jln Bhayangkara No 01 Waisai Raja Ampat dilaksanakan apel gelar pasukan Operasi Kepolosian Terpusat “Ketupat 2024” dalam rangka Pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Rabu (3/04/2024).

1728
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Apel gelar pasukan dalam rangka Pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 dipimpin Plt Waka Polres Raja Ampat, Kompol Rusli sekaligus membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Dalam amanat Kapolri, Kompol Rusli mengatakan apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Dijrlaskannya, berdasarkan survei Indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5% atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2022. Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini.

Plt Waka Polres Raja Ampat, Kompol Rusly Saat memimpin Apel gelar pasukan Operasi Kepolosian Terpusat “Ketupat 2024” dalam rangka Pengamanan hari raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Rabu (3/04/2024).

Lebih lanjut Plt Waka Polres Raja Ampat menjelaskan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama, berdasarkan survei Kemenhub Ri tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023. Berkaitan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan bahwa “mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu.

Berdasarkan data tersebut, Polri menyimpulkan bahwa total pemudik yang akan mudik berkisar sekitar 190 juta orang mudik tahun ini, hal ini diketahui dari survei. Oleh sebab itu, saya mengimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal”.

Untuk menjawab tantangan tersebut, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, Operasi ini dilaksanakan selama 13 hari dari tanggal 4 sampai 16 April 2024. Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 maret sampai 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 sampai 23 April 2024.

Dalam operasi ini, Polri telah siapkan 5.784 Pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 Pos Pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal.

Aspek keamanan dari gangguan Kamtibmas juga kata Kompol Rusli menjadi perhatian penting Polri, baik pada rumah yang ditinggalkan, jalur mudik, maupun lokasi wisata dan pusat keramaian lainnya. Lakukan patroli bersama pada jam-jam rawan, siapkan layanan pelaporan rumah yang ditinggalkan dan penitipan kendaraan sehingga masyarakat dapat mudik dengan tenang. Selain itu libatkan kelompok-kelompok organisasi masyarakat dan keagamaan dalam pengamanan sholat ied sebagai wujud toleransi dan keberagaman indonesia.

Kebijakan ini diharapkan mampu mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran dan kenyamanan arus lalulintas melalui pengaturan Operasional Angkutan Barang, sistim one way dan Contra Flow, Penerapan Ganjil Genap, Ketentuan Penyeberangan, Delaying sistim dan Buffer Zone, hingga Penundaan Proyek Kontruksi.

Sebelum mengakhiri sambutan Kapolri, Plt Waka Polres Raja Ampat Kompol Rusli mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setingi-tingginya kepada seluruh personil pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementrian terkait, BNPN, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Mitra Kamtibmas Lainnya yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024

Sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan hari raya idul fitri tahun sebelumnya. Sebagai penutup Plt Waka Polres mewakili Kapolres Raja Ampat AKBP Edwin Parsaoran S.I.K,. M.I.K, mengucapkan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan dan Selamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Kepada seluruh umat Islam yang merayakan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasdam 1805/R4 Mayor Inf. Ali Sampulawa, Danposal Waisai Kapten (L) Heri Purnomo, Kabag SDM Polres Raja Ampat AKP Tata Heru Latif, Kasatpol PP Raja Ampat, Apolos Bedes S.IP,. M.Si, Kasat Tahti Polres Raja Ampat Iptu Max Tahalele, Danki Brimob Kompi IV Ipda Ever Rumaropen, Danton Brimob Kompi IV Ipda Rudi Permana, KBO Intelkam Ipda Welem Apaseray, Ka Basarnas Raja Ampat, Penata Muda/III Joko Prasetyo, Plt Kadis Perhubungan Raja Ampat.