Berita

Penerimaan Anggota Polri di Sorong, 1.121 Orang Mendaftar Casis

×

Penerimaan Anggota Polri di Sorong, 1.121 Orang Mendaftar Casis

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebanyak 1.121 orang telah mendaftarkan diri secara online pada rekrutmen Polri melalui Polresta Sorong Kota, Papua Barat Daya.

Kabag SDM Polresta Sorong Kota Kompol Stefani Ivonne Tasane di Sorong, menjelaskan dari ribuan pendaftar online tersebut, 348 orang diantaranya telah datang untuk mengikuti proses verifikasi.

“Kami telah melaksanakan verifikasi berkas calon siswa (Casis) Akademi Polisi (Akpol), Bintara, dan Tamtama tahun 2024 yang digelar di Aula Doyo Aspol Remu, Kota Sorong,” jelasnya, Kamis (18/4/2024).

Ia membeberkan, antusias masyarakat belum terlalu tinggi lantaran yang datang untuk verifikasi masih di bawah 50 persen. Kendati demikian, progresnya akan terus berjalan.

“Karena sampai siang bahkan sore hari pun mereka masih datang mengantre,” ujarnya.

5462
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Stefani menambahkan, pada tahap verifikasi ini dilakukan pemeriksaan langsung terhadap tinggi dan berat badan pendaftar serta umur untuk Bintara dan Tamtama minimal 17 tahun tujuh bulan. Sementara untuk Akpol minimal usia 16 tahun.

Tahap tersebut dilakukan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Saat ini rekrutmen calon anggota Polri juga didominasi oleh laki-laki dengan persentase mencapai 80 persen. Sementara pendaftar berjenis kelamin perempuan ada di kisaran 20 persen.

Setelah tahap verifikasi, proses selanjutnya akan masuk pada tahapan pemeriksaan administrasi (Rikmin) awal, dengan melibatkan pengawas dari Internal dan Exsternal.

Sedangkan untuk pengawas internal terdiri dari Sie Propam dan Sie Was Polresta Sorong Kota, sedangkan pengawas Eksternal melibatkan dari berbagai pihak, diantaranya Dinas Dukcapil Kota Sorong, Dinas Pendidikan Kota Sorong dan Kementerian Agama Kota Sorong.

Dalam kegiatan pemeriksaan Administrasi Awal, yang menjadi sasaran pemeriksaan petugas adalah keabsahan ijazah, pengecekan standar nilai raport dan ijazah, pengecekan keabsahan KTP dan KK serta akta kelahiran, penghitungan batas usia minimal dan maksimal, pengecekan domisili, serta pemeriksaan berkas administrasi lainnya.

Saat ini, Rikmin awal untuk Casis Akpol sudah dilaksanakan lebih dulu. Sebab Casis Akpol pada tanggal 20 April esok sudah harus berada di Manokwari. Sehingga tahap Rikmin bagi Casis Akpol harus dipastikan rampung maksimal di tanggal 19 April hati ini.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pendaftar agar dapat segera mengikuti proses verifikasi. Sebab dikhawatirkan, di hari-hari terakhir, antreannya akan semakin membludak.

“Batas waktu verifikasi sampai tanggal 24 April, namun kami berharap para pendaftar segera mengikuti proses tersebut guna mengantisipasi lonjakan jelang hari-hari terakhir,”katanya.