BeritaReligi

Pantauan 1 Syawal 1445 H di Kota Sorong, Ketinggian Hilal Capai 6 Derajat

×

Pantauan 1 Syawal 1445 H di Kota Sorong, Ketinggian Hilal Capai 6 Derajat

Sebarkan artikel ini
Kegiatan pantauan 1 Syawal 1445 H di Waigo Hotel Kota Sorong. (Foto:Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kota Sorong bersama Tim Hisab Rukyat dan tanda waktu kota Sorong melaksanakan kegiatan Rukyatul Hilal 1 Syawal 1445 H/2024 M, Selasa (9/4/2024).

Pelaksanaan Rukhyatul Hilal yang dilaksanakan di Waigo Hotel, Kota Sorong, Papua Barat Daya ini diikuti oleh pejabat Pemerintah Kota Sorong, BMKG, Forkompinda, dan ketua Ormas Islam.

Kepala Kantor Kemenag Kota Sorong, Rofiul Amri menyampaikan bahwa hilal 1 Syawal belum terlihat dikarenakan cuaca yang kurang mendukung. Meskipun sudah menggunakan alat canggih, hilal tersebut tetap tidak bisa terlihat.

“Tetapi dalam hitungan saat ini, posisi Hilal di daerah Sorong hampir 6 derajat. Sehingga kalau itu 6 derajat, ketentuan Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) bahwa kurang lebih 6 derajat itu sudah memenuhi persyaratan untuk hilal itu terlihat,”jelasnya .

Kendati demikian, hasil pantauan hilal juga menunggu dari daerah lain. Amri meyakini, dari Sabang sampai Merauke, hilal tersebut akan terlihat karena merupakan satu kesatuan hukum.

“Di mana nanti di daerah tersebut melihat Hilal, maka dia akan mewakili seluruh Indonesia sehingga ketentuan 1 Syawal 1445 adalah esok hari,”katanya.