BeritaPEMILU 2024

Otsus Sudah Kunci Calon Gubernur dan Wagub di Tanah Papua Harus Orang Asli Papua

×

Otsus Sudah Kunci Calon Gubernur dan Wagub di Tanah Papua Harus Orang Asli Papua

Sebarkan artikel ini
Bupati Asmat, Elisa Kambu sedang memberikan sepatah dua kata saat bersilaturahmi dan berbuka puasa bersama dengan umat Islam di Kompleks Masjid At-Taqwa Remu, Kota Sorong, Rabu (3/4/2024)
Bupati Asmat, Elisa Kambu sedang memberikan sepatah dua kata saat bersilaturahmi dan berbuka puasa bersama dengan umat Islam di Kompleks Masjid At-Taqwa Remu, Kota Sorong, Rabu (3/4/2024)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ibarat saudara yang lama merantau berkarya di negeri orang telah kembali pulang ke kampungnya sendiri.

1728
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Itulah pemandangan yang terlihat dari sambutan umat Islam di Kompleks Masjid At-Taqwa Remu, Kota Sorong saat Bupati Asmat, Elisa Kambu tiba untuk bersilaturahmi dan berbuka puasa bersama, Rabu (3/4/2024).

Kedatangan Elisa Kambu disambut dengan iringan hadrat oleh remaja Masjid At-Taqwa. Dan Pengurus Masjid At-Taqwa. Tampak yang ikut menyambut adalah Arobi Maelan dari pengurus Masjid At-Taqwa dan Tokoh inspirator pemuda muslim di Kota Sorong, H. Abdul Muthalib Silehu.

Elisa Kambu menjelaskan kedatangannya ke kompleks Masjid At-Taqwa untuk memenuhi undangan buka bersama dan sekaligus menjalin tali silaturahmi bersama warga sekitar.

“Saudara-saudaraku kaum muslim kiranya Tuhan memberikan kesehatan, kekuatan dan ketenangan dalam menikmati bulan suci Ramadhan ini hingga tiba di hari kemenangan yakni Idul Fitri,” jelasnya usai berbuka puasa bersama warga, Rabu (3/4).

Elisa Kambu mengatakan dirinya bukanlah orang baru, ia adalah putra kelahiran Maybrat yang kemudian menyelesaikan sekolahnya di SMA Negeri 413 yang sekarang lebih dikenal dengan SMA Negeri 1 Kota Sorong dan berkuliah di Uncen, Papua.

Kemudian dirinya berkarya di Asmat dan mendapatkan mandat dari masyarakat Kabupaten Asmat sebagai bupati selama 10 tahun atau 2 periode.

“Sampai saat ini saya masih menjabat sebagai Bupati Asmat hingga adanya pelantikan Bupati baru, ” tutur Elisa Kambu.

Bupati Asmat, Elisa Kambu disambut oleh iringan hadrat remaja Masjid At-Taqwa Remu, Kota Sorong saat bersilaturahmi dan berbuka puasa bersama dengan umat muslim kompleks Masjid At-Taqwa, Rabu (3/4/2024)

Elisa mengaku akan mencalonkan diri dalam pemilihan calon Gubernur Provinsi Papua Barat Daya pada Pilkada 2024 mendatang. Elisa menyebut dirinya sebagai orang Asli Papua memiliki hak untuk pencalonan tersebut.

“Otsus sudah kunci, khusus untuk Gubernur dan Wakil Gubernur di Tanah Papua harus Orang Asli Papua. Saya juga kan orang Asli Papua. Jadi bila Tuhan izinkan, saya akan ikut pencalonan. Semua kita punya hak yang sama, tergantung nanti penilaian Majelis Rakyat Papua (MRP), siapa yang bisa lolos,” tambahnya.

Sosok yang sederhana ini, menyampaikan agar umat muslim yang berbuka puasa bersama bisa menyampaikan kepada keluarga terdekatnya bahwa Elisa Kambu hanya akan maju sebagai Bakal Calon Gubernur di Provinsi Papua Barat Daya.

“Bapak, ibu dan pemuda atau pemudi di Kompleks Masjid At-Taqwa bisa sampaikan kepada keluarga terdekat dari bapak, ibu, pemuda dan pemudi, bahwa Elisa Kambu tidak mencalonkan diri maju di Provinsi Papua Selatan atau Provinsi Papua induk. Elisa Kambu sangat siap untuk maju sebagai Calon Gubernur di Provinsi Papua Barat Daya, ” tutur Elisa Kambu.

Bupati Elisa Kambu menekankan hadirnya Papua Barat Daya adalah kerja keras seluruh masyarakat Papua Barat Daya bukan satu orang atau satu kelompok tertentu.

Elisa Kambu mengaku kalau diberikan kepercayaan maju dalam Bursa Calon Gubernur PBD, dirinya berniat mencari calon wakil gubernur yang juga adalah Orang Asli Papua dari saudara yang beragama Islam.

“PBD ini ada karena hasil kerja keras kita semua tidak ada satu orang atau satu kelompok tertentu tapi hasil kerja keras kita semua. Saya berniat mau mencari wakil yang muslim,” tuturnya

Sementara itu Pengurus Masjid At-Taqwa Arobi menambahkan pengurus masjid dan umat Islam di Kompleks At-Taqwa merasa sangat bahagia atas kehadiran Elisa Kambu yang turut ikut berbuka puasa bersama warga muslim sekitar.

“Ini bentuk silaturahmi dengan kami di Masjid At-Taqwa dalam rangka buka puasa bersama. Sebagai pengurus masjid kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang besar terhadap bapak Elisa Kambu,” tuturnya.

Arobi mengungkap para pemuda di kompleks At-Taqwa ini juga turut tergabung dalam tim presidium pemekaran Provinsi Papua Barat Daya. Umat muslim di Kompleks Masjid At-Taqwa sangat mendukung Elisa Kambu untuk maju sebagai calon Gubernur Provinsi Papua Barat Daya.

Usai melaksanakan bukan puasa bersama, Elisa Kambu memborong makanan takjil yang dijual oleh pedagang seputaran simpang tiga kompleks Masjid At-Taqwa. Dan melakukan foto bersama dengan umat Islam di Kompleks Masjid At-Taqwa.