BeritaPEMILU 2024Politik

KPU Papua Selatan Selenggarakan Rakor Tahapan dan Jadwal Pilkada 2024

×

KPU Papua Selatan Selenggarakan Rakor Tahapan dan Jadwal Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Rakor Tahapan dan Jadwal Pilkada 2024 di Papua Selatan. Foto-Getty/TN
Rakor Tahapan dan Jadwal Pilkada 2024 di Papua Selatan. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – KPU Provinsi Papua Selatan menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024, Senin (29/4/2024) di Swissbell Merauke.

KPU mengundang Partai Politik (Parpol), tokoh agama, masyarakat, pemuda, perempuan, pemerintah, TNI, Polri guna mendukung KPU dalam mensukseskan penyelenggaraan Pilkada yang akan dilakukan pada 27 November 2024 ini.

“Untuk menuju Pilkada ini kita dituntut bekerja maksimal dimulai dengan melaksanakan tahapan dan jadwal Pilkada. Saat ini yang sedang berjalan perekrutan badan ad hoc, penyusunan dan pemutakhiran data pemilih,” ujar Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze dalam Rakor yang dipimpinnya itu.

KPU juga menginformasikan terkait calon perseorangan menyangkut syarat dukungan dan persebaran. Sekaligus meminta kepada pemerintah provinsi maupun kabupaten, TNI, Polri serta seluruh stakeholder untuk mendukung setiap proses dan tahapan Pemilu hingga hari hal, sehingga dapat berjalan baik, aman dan lancar, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Asisten 1 Setda Provinsi Papua Selatan, Agustinus Joko Guritno menyampaikan, Pilkada merupakan rangkaian penting untuk memilih pejabat definitif Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Selatan yang juga menjadi agenda tugas pokok Pj Gubernur Apolo Safanpo selama ditugaskan menjadi Penjabat Gubernur saat ini.

“Kita pemerintah provinsi siap membantu kelancaran guna mensukseskan Pilkada dan kita harapkan pelaksanaannya nanti tidak terjadi gejolak yang diakibatkan dari hasil Pilkada,” pungkas Joko Guritno dalam sambutannya.

Sebelumnya Theresia Mahuze mengatakan seluruh proses Pilpres dan Pileg sebelumnya telah berjalan dan dilalui dengan baik dan KPU RI telah melakukan penetapan calon presiden dan wakil presiden no urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming sebagai presiden dan wapres terpilih hasil Pilpres 2024. Kemudian beberapa proses di MK untuk Pileg yang tentunya akan berakhir sebagaimana mestinya.

“Saat ini KPU fokus untuk melaksanakan tahapan Pilkada diawali dengan launching tahapan yang sudah dilakukan di Yogyakarta kemarin,” terang Theresia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *