BeritaPendidikan

Kontingen Kabupaten Asmat Tiba di Merauke Siap Ikuti Pekan Olahraga Pelajar 2024

×

Kontingen Kabupaten Asmat Tiba di Merauke Siap Ikuti Pekan Olahraga Pelajar 2024

Sebarkan artikel ini
Kontingen Kabupaten Asmat. Foto-Ist/TN
Kontingen Kabupaten Asmat. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kontingen Kabupaten Asmat tiba di Merauke untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar (POP) SMA/SMK Provinsi Papua Selatan tahun 2024 yang akan berlangsung 22 April sampai 1 Mei 2024.

Rombongan berlayar dari Asmat ke Merauke menggunakan kapal penumpang disambut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Ekonomi Kreatif Papua Selatan, Soleman Jambormias, dan segenap panitia POP di Pelabuhan Merauke, Kamis (18/4) subuh sekitar jam 02.000 WIT.

“Mereka sekitar 38 peserta dan kita berharap besok mereka bisa ikut launching pelaksanaan POP bersama SMA/SMK yang sudah terdaftar,” terang Kadispora sekaligus Ketua Bapopsi Papua Selatan, Jumat (19/4/2024).

Launching POP SMA/SMA akan berlangsung Sabtu (20/4) pagi mulai dengan jalan santai bersama star dari Halaman Kantor Gubernur Papua Selatan menuju Taman Mandala Merauke. Minggu (21/4/2024) dilanjutkan dengan teknikal meeting untuk pengecekan pemain.

Semua kontingen baik Mappi dan Boven Digoel akan tiba sabtu dan Minggu sebelum pelaksanaan. Sedangkan dari Merauke sendiri khusus sekolah yang jauh akan lebih awal masuk penginapan. Dikatakan, total pelajar yang akan ikut Pekan Olahraga Pelajar sekitar 800 lebih peserta.

Soleman mengajak masyarakat Papua Selatan untuk turut mensukseskan iven daerah perdana ini dengan mendatangi venue-venue pertandingan, karena anak-anak yang akan mengikuti pekan olahraga pelajar 2024 adalah bibit-bibit olahraga yang akan mengikuti pra Popnas di Ternate pada Juli-Agustus mendatang. Atlet terbaik yang mengikuti Pra Popnas akan mengikuti POPNAS di NTT tahun 2025.

“Pekan Olahraga Pelajar ini ajang seleksi untuk Papua Selatan. Pelajar yang berprestasi di POP akan dibina lebih lanjut di Merauke. Mereka tidak lagi kembali ke kabupaten melainkan akan mengikuti pembinaan dengan tetap melanjutkan pendidikan di sekolah penitipan SMA/SMK di Kota Merauke,” tutup Soleman.