BeritaPEMILU 2024

Buat Kaum Kreatif Segera Ikut Sayembara Maskot Pemilukada PBD

×

Buat Kaum Kreatif Segera Ikut Sayembara Maskot Pemilukada PBD

Sebarkan artikel ini
Kantor KPU Provinsi Papua Barat Daya
Kantor KPU Provinsi Papua Barat Daya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ada kabar gembira buat pelajar, remaja, kaum muda dan orang kreatif dari kampung sampai kota di Provinsi Papua Barat Daya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat Daya ada membuka sayembara maskot yang nanti akan digunakan dalam Launching Pilkada Provinsi Papua Barat Daya.

Momen ini adalah kesempatan buat kalian, kaum muda kreatif, sebab kesempatan ini, sangat langka. Bakat yang kaum muda kreatif miliki bisa langsung dikompetisikan dalam sayembara untuk nanti dipilih yang terbaik.

Komisioner KPU Provinsi Papua Barat Daya Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Fatmawati sampaikan Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) atau Pilkada Provinsi Papua Barat Daya inikan Pilkada pertama dalam sejarah.

Komisioner KPU Provinsi Papua Barat Daya Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Fatmawati
Komisioner KPU Provinsi Papua Barat Daya Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Fatmawati

“Kita tahu bersama, bahwa Pemilukada Papua Barat Daya ini, adalah pemilukada pertama. Tentu kita berharap semua komponen masyarakat bisa berpartisipasi. Termasuk dalam proses sayembara Maskot Pemilukada Papua Barat Daya, ” kata Fatmawati saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (25/4/2024).

Kesempatan ini, Fatmawati sampaikan harus benar – benar bisa dimanfaatkan oleh kaum muda kreatif di Papua Barat Daya. Karena sayembara maskot ini, sambung Fatmawati, dibuka oleh KPU, karena KPU ingin agar Pemilukada nanti memiliki daya tarik dan punya nuansa khas masyarakat Papua Barat Daya.

“Jadi maskot ini, suatu bentuk yang berbeda dari logo KPU, yang sudah barang tentu bentuknya harus menarik dan mengambarkan ciri khas Provinsi Papua Barat Daya, ” kata Fatmawati.

Satu hal yang paling utama, Fatmawati tekankan, karya yang diikutkan dalam sayembara harus original. Artinya karya ini, memang dibuat khusus untuk Pemilukada Provinsi Papua Barat Daya, maka karya itu bukan tiruan atau hasil plagiat.

Setiap karya yang diikutkan dalam Sayembara Maskot ini, Fatmawati katakan, tentu akan ada penilaiannya. Yang mana nantinya hasil karya yang terpilih akan diberikan apresiasi oleh KPU Papua Barat Daya.

“Yang bisa ikut sayembara ini, harus memiliki KTP domisili di Provinsi Papua Barat Daya. Karena kita ingin yang ikut sayembara hanya anak kreatif dari Provinsi Papua Barat Daya, ” tutur Fatmawati.

Fatmawati pada kesempatan wawancara bersama Teropong News ini, mengajak anak muda kreatif untuk segera mendaftar , sebab animonya sangat tinggi.

“Sejak pendaftaran Sayembara kami buka kemarin, tanggal 24 April sudah banyak yang menghubungi dan mengirimkan hasil karya maskot setelah mengakses website resmi milik KPU Papua Barat Daya, ” kata Fatmawati menyebutkan.

Pendaftaran Sayembara maskot Pemilukada berlangsung dari tanggal 24 – 29 April 2024. Yang mana nantinya, proses penilaian akan dilakukan oleh tim juri profesional yang terdiri dari budayawan, seniman, pakar informatika dan komisioner KPU.

“Maskot inikan nanti berbentuk animasi. Kita bisa pastikan juri dan kami akan profesional dan objektif bahwa karya terbaiklah dari seluruh karya yang telah dikirimkan kepada kami akan menjadi pemenang,” ucap Fatmawati memastikan.

Nanti setelah terkumpul semua tim juri dan kami dari KPU akan mengundang tiga karya terbaik untuk melakukan presentase soal karya yang dibuat.

Dari hasil presentase, tambah Fatmawati, tim juri lantas mengumumkan pemenang sayembara. “Pemenang akan kami berikan penghargaan setinggi – tingginya dan uang pembinaan, ” kata Fatmawati.

Di akhir sesi wawancara, Fatmawati kembali mengajak kaum muda kreatif untuk segera tuangkan ide kreatif yang dimiliki untuk didaftarkan segera.

“Ingat loh, pendaftaran kami buka hanya sampai tanggal 29 April. Jadi buat kamorang yang kreatif segera kirimkan hasil karya yang dibuat guna segera di daftarkan, sebab waktu pendaftaran terbatas, karena hanya sampai tanggal 29 April saja. Kaum kreatif itu, waktu yang singkat bukan masalah bagi mereka untuk melahirkan karya berkualitas tinggi, ” ajak Fatmawati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *