BeritaPEMILU 2024Politik

Bakal Calon Gubernur PBD Gabriel Asem Optimis Raih Rekomendasi Partai Demokrat

×

Bakal Calon Gubernur PBD Gabriel Asem Optimis Raih Rekomendasi Partai Demokrat

Sebarkan artikel ini
Mantan Bupati Tambrauw 2 Periode daftar Penjaringan bakal Calon Gubernur PBD dari Partai Demokrat di Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat Daya, Kamis (18/4/2024)
Mantan Bupati Tambrauw 2 Periode daftar Penjaringan bakal Calon Gubernur PBD dari Partai Demokrat di Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat Daya, Kamis (18/4/2024)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ketua DPD Partai Perindo Provinsi Papua Barat Daya, Gabriel Asem optimis bisa meraih rekomendasi dari Partai Demokrat, meskipun Demokrat ingin mendorong kader partai untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur Provinsi Papua Barat Daya.

Optimis itulah yang membuat Gabriel Asem menjadi putra terbaik Provinsi Papua Barat Daya yang datang mendaftar untuk mengikuti penjaringan bakal calon Gubernur Provinsi Papua Barat Daya.

Dimana, Kamis (18/4/2024) mantan Bupati Kabupaten Tambrauw dua periode itu diarak oleh masa dan simpatisannya untuk mendaftar ke Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat Daya.

Kedatangan Gabriel Asem bersama masa pendukungnya diterima oleh Sekertaris DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat Daya Yongki Fonataba dan Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Derah Provinsi Papua Barat Daya, Izack Rahareng.

Mantan Bupati Tambrauw 2 Periode daftar Penjaringan bakal Calon Gubernur PBD dari Partai Demokrat di Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat Daya, Kamis (18/4/2024)

Gabriel Asem usai mendengar penjelasan saat mendaftar dari Panitia Penjaringan akan memilih salah satu dari delapan lembaga survei resmi guna melihat elektabilitas nama Gabriel Asem di masyarakat Papua Barat Daya.

“Semua orang di Provinsi Papua Barat Daya tentu sudah kenal siapa Gabriel Asem. Saya bupati Tambrauw 2 periode yang dengan sumber daya sangat terbatas mampu membuka keterisolasian dari kota ke kampung di Kabupaten Tambrauw, ” tutur Gabriel Asem.

Fokus peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Papua Barat Daya tetap menjadi topik utama yang dibawa oleh Gabriel Asem.

“Untuk meningkatkan IPM, maka pendidikan harus ditingkatkan, kesehatan masyarakat ditingkatkan dan menekan angka kemiskinan ekstrim di Provinsi Papua Barat Daya, ” ujar Gabriel Asem.

Soal elektabilitas nanti, kata Gabriel Asem , menjadi titik penentu, rekomendasi yang akan dikeluarkan oleh Partai Demokrat. Sebab pada dasarnya, Partai Demokrat ingin calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang diusung bisa bisa menang dalam Pilkada Provinsi PBD.

“Jadi tadi saya diarahkan untuk memilih salah satu lembaga survei dari delapan lembaga survei yang ada. Nanti lembaga survei tersebut akan melakukan survei elektabilitas saya. Jadi kita bersama akan tunggu hasil survei yang dilakukan baru kita bisa bicara lebih intens lagi, ” kata Gabriel Asem memaparkan.

Sementara itu, sekertaris DPD Partai Demokrat Provinsi Papua Barat Daya, Yongki Fonataba mengucapkan terima kepada Gabriel Asem karena telah membawa diri masuk ke rumah adat Partai Demokrat dan di rumah adat ini tentu banyak aturan yang berlaku.

Di sinilah tempat, kata Fonataba, di godok bakal calon kepala daerah di Provinsi Papua Barat Daya dan di sinilah tempat menentukan siapa yang akan di usul untuk menjadi kepala daerah di provinsi terbaru di Tanah Papua ini.

“Kita berharap bahwa semua proses yang ada di rumah adat partai Demokrat ini akan berlangsung dengan baik, sehingga apa yang di harapkan boleh berjalan sesuai rencana, ” kata Wakil Ketua DPR Provinsi Papua Barat ini.

Di tempat yang sama, Izack Rahareng sampaikan bahwa penjaringan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dibuka sesuai dengan instruksi dari Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat.

“Figur siapa saja yang ingin mendaftar akan kami cek syarat administrasinya. Bila masih kurang, kami akan minta untuk dilakukan perbaikan, ” kata Izack Rahareng.

Partai Demokrat tentu saja membuka diri, Izack Rahareng sampaikan kepada siapa pun. Dan hari ini, Gabriel Asem sebagai Ketua DPD Partai Perindo Provinsi Papua Barat Daya menjadi bakal calon gubernur pertama yang mendaftar untuk meminta dukungan dari Partai Demokrat.

“Biasanya orang yang pertama mendaftar itu, dia sudah yang diusung, “kata Izack Rahareng.