BeritaOlahragaPemerintahan

Apolo Safanpo Pimpin Upacara Pembukaan POP SMA/SMK Papua Selatan 2024

×

Apolo Safanpo Pimpin Upacara Pembukaan POP SMA/SMK Papua Selatan 2024

Sebarkan artikel ini
Kick off sepak bola oleh Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo di Lapangan Kodim 1707/Merauke. Foto-Getty/TN
Kick off sepak bola oleh Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo di Lapangan Kodim 1707/Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo memimpin Upacara Pembukaan Pekan Olahraga Pelajar SMA/SMK se-Papua Selatan Tahun 2024 di Lapangan Kodim 1707/Merauke Senin, (22/4/2024).

Iven yang diselanggarakan oleh Badan Pembina Olahraga Pelajar (BAPOPSI) Papua Selatan ini diawali dengan deville, seluruh peserta memasuki lapangan olahraga dipandu Drumband SMA Yos Soedarso Merauke, kontingen pelajar dari empat kabupaten yakni Boven Digoel, Mappi, Merauke dan Asmat berjalan berurutan memasuki lapangan.

Ketua Panitia POP SMA/SMK 2024 Papua Selatan, Mozes Maniagasi mengatakan, total peserta dari empat kabupaten sebanyak 844 peserta. Kabupaten Merauke 634 peserta, Asmat 42, Mappi 26 peserta, Boven Digoel 142 peserta. POP SMA/SMK 2024 mempertandingkan delapan cabang olahraga (Cabor) yakni bulu tangkis putra putri, bola voli putra putri, tenis lapangan putra putri, tinju putra putri, bola basket putra putri, sepak bola putra dan sepak takraw putra.

Seperti biasa dalam pembukaan iven olahraga dibacakan janji wasit dan janji atlet di antaranya mematuhi semua peraturan selama pertandingan mulai 22 April sampai 1 Mei 2024.

Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo dalam amanatnya mengapresiasi terselenggaranya POP SMA/SMK 2024 yang baru pertama kali dilaksanakan di Papua Selatan.

Dengan adanya POP ini diharapkan akan menghadirkan atlet pelajar SMA/SMK berprestasi untuk mewakili Papua Selatan dalam Pekan Olahraga Nasional (POPNAS) yang akan dilaksanakan 2025 di NTT.

Untuk itu, Pj Gubernur berpesan kepada para guru untuk memberikan waktu, pikiran dan tenaga yang cukup dalam mendampingi para pelajar agar tetap menjaga kesehatan sehingga dapat mengikuti pertandingan dan memperoleh hasil yang gemilang.

Para wasit dan perangkat olahraga juga diminta tetap sportivitas dan menaati aturan yang berlaku dalam mengawal selama proses pertandingan. Dan kepada anak-anak/ pelajar diminta memaksimalkan potensi diri guna meraih prestasi yang lebih tinggi.

“Pertandingan yang ada adalah panggung untuk menunjukan bakat, kemampuan dan prestasi anda guna mengharumkan nama daerah baik di tingkat nasional maupun internasional,” ucap Apolo.

Kapolres Merauke, AKBP I Ketut Suaranya kesempatan berikut minta seluruh peserta junjung tinggi sportifitas dan menjadikan ajang ini untuk menjalin silaturahmi, kekeluargaan dan meningkatkan prestasi yang lebih tinggi.

“Kami menekankan tetap menjaga kamtibmas. Official, pendamping, pelatih, mohon ini dapat diperhatikan dengan baik, jadikanlah olahraga ini olahraga ceria, bukan penuh emosi. Yang diutamakan adalah skill kompetisi di masing-masing cabang olahraga, bukan emosi dan lainnya,” ajak Kapolres Merauke.

Kegiatan diakhiri dengan kick-off dilakukan Pj Gubernur, dilanjutkan pertandingan babak pertama antara SMK KPG Merauke dan SMA Eca Anasai.

Namun sebelum itu, ada tarian kolosal dari KPG dan penyerahan cinderamata dari Ketua Panitia POP SMA/SMK Papua Selatan tahun 2024 kepada Pemerintah Provinsi Papua Selatan diterima Pj Gubernur Apolo Safanpo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *