BeritaPEMILU 2024Politik

Abner Jitmau Sentil Ada ASN Baru 2 Bulan Ditunjuk Mendagri Mau Maju Pilkada

×

Abner Jitmau Sentil Ada ASN Baru 2 Bulan Ditunjuk Mendagri Mau Maju Pilkada

Sebarkan artikel ini
Balon Walikota Sorong, Abner R. Jitmau memberi keterangan pers usai mendaftar di DPD PKS Kota Sorong, Kamis (18/4/2024)
Balon Walikota Sorong, Abner R. Jitmau memberi keterangan pers usai mendaftar di DPD PKS Kota Sorong, Kamis (18/4/2024)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Bakal calon (Balon) Walikota Sorong, Abner Reinald Jitmau sempat menyentil, ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) sudah langsung mau maju Pilkada pada bulan November 2024 mendatang.

Hal itu disentil oleh Abner Jitmau saat mendaftarkan sebagai bakal calon Walikota Sorong yang dibuka oleh DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Sorong, Kamis (18/4/2024).

Entah sentilan Abner Jitmau itu ditujukan buat siapa, namun sentilan itu langsung disambut dengan sorakan dari massa pendukungnya.

“Saat duduk jadi kepala Badan dan kepala dinas, lalu buka DPA, terus lihat angkanya besar, terus bilang saya mau maju. Ada juga PNS yang baru saja ditunjuk dua bulan oleh Mendagri, terus mungkin lihat APBD, jadi langsung bilang, saya mau maju lagi, ” sentil Abner Jitmau.

Aktivis sekaligus politikus PDI Perjuangan ini mengaku siap mundur sebagai Anggota DPR Provinsi Papua Barat untuk maju dalam pencalonan Walikota Sorong.

“Saya siap mundur dari Anggota DPR Provinsi Papua Barat untuk ikut Pilkada Kota Sorong, karena saya masih Anggota DPR Provinsi Papua Barat sampai bulan September 2024 mendatang”.

“Saya pun sudah siap, begitu dilantik sebagai Anggota DPR Provinsi Papua Barat Daya. Saya ikut pelantikan hasil pemilihan legislatif 14 Februari, sehari kemudian saya langsung mundur, ” ucap Abner Jitmau.

Dengan penuh optimis, Alumni Universitas Muhammadiyah (Unamin) Sorong menyampaikan siap mundur diri dari Anggota DPR Provinsi Papua Barat karena ada dua faktor yang pertama Abner Jitmau sangat yakin akan memenangkan Pilkada Kota Sorong.

“Kalau ada anggota DPR yang bilang mau maju tapi tidak bilang mau mundur dari posisi Anggota Dewan, jangan percaya. Ada Anggota Dewan yang berani seperti saya, hari ini, dilantik besoknya langsung mundur. Saya yakin, karena saya yakin, pasti saya menang, ” tutur Abner Jitmau penuh optimis.

Faktor yang kedua, Abner Jitmau katakan sebagai seorang aktivis dan politikus dirinya harus berkembang.

“Dua periode saya duduk di DPRD Kota Sorong. Lalu berkembang lagi dua periode di DPR Provinsi. Ini kemarin saya terpilih lagi, jadi saya di DPR, sudah hampir 25 tahun. Sebagai aktivis dan orang politik, kita harus berkembang tidak tinggal diam disitu saja. Supaya bisa ada pengkaderan, adik dari bawah yang mau naik, bisa punya kesempatan, ” kata Abner Jitmau dengan lugas.

Sebelum meninggalkan Sekretariat DPD PKS Kota Sorong, Abner Jitmau sempat pula menyentil, “Walikota Sorong tetap Jitmau, marga saja yang sama, tapi orang dan gayanya beda”.