PEMILU 2024

Salah Penjumlahan Terjadi Dalam Sistem Sirekap Hasil Rekap PPD Distrik Klaurung untuk Perhitungan Suara DPRK

×

Salah Penjumlahan Terjadi Dalam Sistem Sirekap Hasil Rekap PPD Distrik Klaurung untuk Perhitungan Suara DPRK

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – KPU Kota Sorong terpaksa harus melakukan skorsing rapat rekapitulasi perhitungan rekap PPD Distik Klaurung untuk perhitungan pemilihan anggota legislatif DPR Kota Sorong ke hari ketiga rapat pleno.

1233
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kondisi tersebut dipicu oleh salah penjumlahan hasil perolehan suara partai politik dan caleg.

Dimana sampai dengan hari kedua rapat pleno rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU Kota Sorong telah merekap sebanyak 4 distrik.
Distrik yang sudah selesai direkap yakni Distrik Sorong Kepulauan, Maladumes, Sorong, Sorong Kota, dan Sorong Timur.
Proses rekap untuk distrik yang kelima yakni distrik Klaurung proses rekapnya tertahan pada posisi perhitungan perolehan suara untuk Pemilihan Anggota Legislatif DPR Kota Sorong.

Ketua KPU Kota Sorong , Balthasar Bert Kambuaya yang dikonfirmasi usai menskorsing rapat pleno, Selasa (4/3/2024) pukul 23.00 Wit membenarkannya.

“Untuk distrik Klaurung ada sedikit tertahan, karena ada ketidaksingkronan data untuk penjumlahan D hasil rekap PPD Distrik Klaurung, ” ujar Balthasar Kambuaya.

Memang diakui Balthasar Kambuaya, perolehan suara partai dan caleg untuk perhitungan pemilihan DPR Kota Sorong sudah benar. Hanya saja terjadi selisih ketika dilakukan penjumlahan perolehan suara partai dan caleg.

Adanya kesalahan penjumlahan perolehan suara Partai Golkar melakukan penjumlah terjadi selisih 9 suara lebih banyak dengan yang tercantum pada D hasil rekapitulasi, menurut Ketua KPU Kota Sorong ini, bukan karena kesalahan input.

Namun ketika dilakukan perbaikan tentu saja menurut para saksi berpengaruh pada perolehan suara sah dan tidak sah. Sebab selisih penjumlah terdapat pula dalam Selisih penjumlahan perolehan suara Partai Buruh.


“Kesalahan penjumlahan itu bukan karena kesalahan upload, tapi mungkin karena teman – teman PPD dalam mengisi data dalam sistem, sehingga terjadi kesalahan penjumlahan, ” ujar Balthasar Kambuaya.

Sebenarnya aku Balthasar Kambuaya , sudah dilakukan penjumlahan ketika rekap di tingkat PPD bersama para saksi parpol. Namun kondisi terjadi kesalahan penjumlahan ini, memang sesuatu yang tidak bisa terbantahkan lagi, karena itu kami lagi mencari titik persoalan untuk dilakukan perbaikan penjumlahan dalam sistem.