PEMILU 2024

Rebut 3 Kursi dari Dapil 5 Asmat, PDI Perjuangan Pegang Palu Pimpin DPR PPS

×

Rebut 3 Kursi dari Dapil 5 Asmat, PDI Perjuangan Pegang Palu Pimpin DPR PPS

Sebarkan artikel ini
Sekretaris DPD PDIP Papua Selatan, Heribertus Silubun. Foto-ist/TN
Sekretaris DPD PDIP Papua Selatan, Heribertus Silubun. Foto-ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dipastikan akan menjadi partai yang akan memegang palu pimpinan di Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua Selatan periode 2024-2029.

Kepastian tersebut, setelah PDI Perjuangan berhasil merebut 3 dari Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Kabupaten Asmat. Untuk diketahui, sebanyak 7 kursi dialokasikan untuk Daerah Pemilihan 5 Kabupaten Asmat, dan PDI-Perjuangan telah berhasil merebut 3 kursi. Dengan begitu, PDI Perjuangan memimpin perolehan kursi.

Dari 5 Daerah Pemilihan Provinsi Papua Selatan, PDI-Perjuangan berhasil mendapatkan 7 kursi, yakni Dapil 1 PPS dan Dapil 2 PPS di Kabupaten Merauke mendapatkan 2 kursi, Dapil 3 Kabupaten Mappi 1 kursi, Dapil 5 Kabupaten Asmat sebanyak 3 kursi, dan Dapil 4 Kabupaten Boven Digoel sebanyak 1 kursi.

Sementara wakil Ketua I sudah dipastikan akan dipegang Partai Nasdem yang berhasil merebut 6 kursi, yakni Dapil I dan 2 Kabupaten Merauke sebanyak 3 kursi, Dapil 3 Kabupaten Mappi, Dapil 5 Kabupaten Asmat dan Dapil 4 Kabupaten Boven Digoeli masing-masing 1 kursi.

Sekretaris DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Papua Selatan Heribertus Silubun membenarkan partainya sebagai pemenang Pemilu tingkat Provinsi Papua Selatan dengan merebut 7 kursi.

Namun siapa di antara 7 calon anggota DPR Papua Selatan dari PDIP yang terpilih tersebut menjadi ketua DPR Provinsi Papua nantinya, menurut Heribertus Silubun masih menunggu keputusan dari pimpinan atas.

Dengan perolehan 7 kursi ini, maka PDI Perjuangan merupakan satu-satunya Partai yang aman untuk bisa mengajukan calonnya gubernur pada Pilkada serentak 2024. Pasalnya, 7 kursi tersebut sama 20 persen dari jumlah kursi yang ada di DPR Provinsi Papua Selatan yakni 35 kursi.

“Tapi partai pasti tetap mencari koalisi agar bisa lebih kuat,” kata Heribertus Silubun ditemui di sela-sela persiapan penetapan hasil pleno tingkat KPU Provinsi Papua Selatan di Swiss-Belhotel Merauke, Rabu 13 Maret 2024.