BeritaPEMILU 2024

Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara KPU Mappi Lanjut Hari Kedua

×

Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara KPU Mappi Lanjut Hari Kedua

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisioner KPU Papua Selatan. Foto-Getty/TN
Anggota Komisioner KPU Papua Selatan. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Kabupaten Mappi di tingkat KPU Papua Selatan kembali dilanjutkan hari kedua, Minggu (10/3/2024).

Pelaksanaan dimulai sejak Sabtu (9/3/2024) pagi belum juga rampung, karena belum ada kecocokan data antara saksi, Bawaslu dan KPU Kabupaten Mappi. Hingga Pukul 01.00 WIT malam Ketua KPU Papua Theresia Mahuze kembali melakukan skorsing untuk memberikan kesempatan kepada KPU Mappi melakukan sinkronisasi data.

“Dari paparan anggota KPU Mappi ditemukan ketidaksinkronan data D. Hasil Kabupaten maupun D. Hasil Kecamatan, dan ketika dikroscek dengan data primer yaitu data C. Hasil salinan tingkat TPS ditemukan ada perbedaan data untuk beberapa partai politik yang terjadi di Distrik Haju. Sehingga sampai dengan pukul 22.51 WIT dilakukan skorsing untuk memberikan waktu kepada teman-teman KPU Kabupaten Mappi guna menyinkronkan data mengacu pada data primer atau data sandingan,” terang Anggota Komisioner KPU Papua Selatan, Helda Ambai usai skorsing.

Dia menambahkan, jika ada Partai Politik yang memperoleh suara di TPS lalu di tingkat Distrik dan kabupaten terjadi pengurangan maka KPU Mappi wajib mengembalikan suara tersebut.

Pleno kembali dilanjutkan Minggu (10/3) dengan harapan pencocokan data sudah selesaikan dilakukan oleh tiga unsur tersebut sehingga dapat diselesaikan dan KPU Papua Selatan lanjutkan melakukan pleno untuk KPU Kabupaten Asmat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *