PEMILU 2024

Ketua KPU Papua Selatan Menskorsing Pelaksanaan Pleno Rekapitulasi Kabupaten Mappi

×

Ketua KPU Papua Selatan Menskorsing Pelaksanaan Pleno Rekapitulasi Kabupaten Mappi

Sebarkan artikel ini
Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze. Foto-Ist/TN
Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ketua KPU Papua Selatan, Theresia Mahuze menskorsing pelaksanaan pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara dari KPU Kabupaten Mappi.

Berdasarkan jadwalnya, hari kedua pelaksanaan pleno tingkat KPU Provinsi adalah untuk KPU Kabupaten Mappi, namun karena Anggota Bawaslu Kabupaten Mappi belum sampai di Merauke maka dilakukan skors.

Alasannya, karena Anggota Bawaslu Kabupaten Mappi tidak dapat flight dan masih dalam perjalanan ke Merauke menggunakan speed boat dan lanjut menggunakan jalan darat ke Merauke.

“Tadi pleno sudah sempat berjalan, namun di dalam forum ada interupsi dari Bawaslu Provinsi meminta untuk menghadirkan Bawaslu Kabupaten Mappi, sehingga tadi ketika kami menawarkan kepada para saksi lalu kita sepakat untuk menghadirkan Bawaslu Kabupaten Mappi,” terang Theresia di Swissbell Merauke.

Skorsing akan berlangsung sampai jam 09.00 WIT malam karena estimasi Anggota Bawaslu Mappi akan sampai di Merauke di jam tersebut.

Meski demikian, Ketua KPU tegaskan pelaksanaan pleno tetap sesuai jadwal, tetapi KPU Papua Selatan akan tetap berkoordinasi dengan pihak keamanan dan menyesuaikan kesepakatan forum.

Jika dimungkinkan untuk dapat dilanjutkan di malam hari maka tetap dilanjutkan dan diselesaikan di hari kedua. Mengingat, lanjut Theresia pleno masih akan dilanjutkan untuk Kabupaten Asmat.