BeritaPEMILU 2024

Kabupaten Maybrat Patut Jadi Contoh Sukses Pelaksanan Pemilu untuk Kabupaten dan Kota di Provinsi PBD

×

Kabupaten Maybrat Patut Jadi Contoh Sukses Pelaksanan Pemilu untuk Kabupaten dan Kota di Provinsi PBD

Sebarkan artikel ini
Ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Maybrat, Karel Murafer
Ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Maybrat, Karel Murafer

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Sukses pelaksanan pesta demokrasi untuk Pemilihan presiden, calon Anggota DPR RI, calon Anggota DPD RI, calon Anggota DPR Provinsi dan calon DPR Kabupaten di Kabupaten Maybrat patut dijadikan percontohan untuk kabupaten dan kota di Provinsi Papua Barat Daya.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPD Partai Demokrat Kabupaten Maybrat, Karel Murafer usai pengesahan hasil rapat rekapitulasi Kabupaten Maybrat oleh KPU Provinsi Papua Barat Daya, Kamis (14/3/2024).

Kesuksesan pesta demokrasi di Kabupaten Maybrat bisa dilihat dari tingkat partisipasi pemilih untuk datang memberikan hak suara di TPS pada 14 Februari 2024.

Dari catatan hasil rekapitulasi tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Maybrat cukup tinggi hampir mencapai 100 persen. Karel Murafer katakan hal ini, tak lepas dari tingkat kesadaran masyarakat tentang masa depan pembangunan di Kabupaten Maybrat dan Provinsi Papua Barat Daya.

“Dukungan partisipasi masyarakat di Kabupaten Maybrat sangat tinggi sekali, hal itu bisa dilihat mulai dari tahapan kampanye sampai dengan pencoblosan sampai dengan perhitungan suara ulang. Masyarakat datang dengan spontanitas untuk memberikan dukungan, ” ungkap Karel Murafer.

Masyarakat Maybrat, kata Karel Murafer, sangat peduli tahu dan sadar masa depan pembangunan Kabupaten Maybrat dan Provinsi Papua Barat Daya untuk 5 tahun ke depan ditentukan melalui pemilu.

Maka itu, Karel Murafer katakan, masyarakat dengan antusias mulai dari kampanye , pencoblosan bahkan penghitungan suara, lalu kemudian ikut mengawal suara yang diberikan di bilik TPS hingga pelaksana perhitungan suara di tingkat kabupaten.

“Masyarakat ada yang datang sendiri dengan mengunakan motor, ada yang pakai sepeda, ada yang jalan kaki. Mereka tentu ingin mengawal suara yang telah diberikan kepada putra dan putri terbaik untuk menjadi wakil rakyat yang duduk di DPR RI, DPR Provinsi, DPD RI, dan DPR Kabupaten bisa terwujud, ” tutur Karel Murafer.

Masyarakat Maybrat , tambah Karel Murafer, tahu bahwa wakil rakyat yang dipilih bisa mengunakan 3 fungsi yang melekat pada wakil rakyat guna menentukan arah pembangunan dan masa depan Provinsi Papua Barat Daya dan lebih khusus Kabupaten Maybrat.

Kesuksesan yang diraih oleh Kabupaten Maybrat dalam pelaksanan pemilu mulai dari tahap kampanye hingga perhitungan suara tidak lepas adanya sinergitas antara masyarakat, penyelenggara dari KPPS, PPD, KPU, panwas TPS, Panwas kecamatan hingga Bawaslu peserta pemilu dan aparat keamanan dari TNI dan Polri.

“Sinergitas semua pihak inilah yang membuat pelaksanan pemilu dari tahap kampanye hingga sampai dilakukan perhitungan ulang saat rapat pleno di tingkat Kabupaten yang kemudian hasilnya hari ini telah disahkan oleh KPU Provinsi berlangsung dengan mulus dan lancar, ” tutup Karel Murafer