BeritaReligi

Hilal Belum Terlihat di Sorong, Penentuan 1 Ramadhan 1445 H Menunggu Sidang Isbat

×

Hilal Belum Terlihat di Sorong, Penentuan 1 Ramadhan 1445 H Menunggu Sidang Isbat

Sebarkan artikel ini
Pemantauan Hilal yang dilakukan di Kasuari Valley Beach Kota Sorong, Papua Barat Daya. (Foto: Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM, SORONG –Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Sorong menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) awal Ramadhan 1445 H. Rukyatul hilal sebagai salah satu rujukan dalam penetapan waktu awal Ramadhan 1445 H .

Pelaksanaan kegiatan Rukhyatul Hilal 1 Ramadhan 1445 H dilakukan di Kasuari Valley Beach, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Selasa 22 Maret 2023.

Pelaksanaan kegiatan Rukhyatul Hilal ini diikuti oleh pejabat Pemerintah Kota Sorong, BMKG, pengadilan agama, dan ketua Ormas Islam.

Kepala Kantor Kemenag Kota Sorong, Rofiul Amri menyampaikan bahwa sesuai dengan pemaparan BMKG kemungkinan kecil tidak akan melihat hilal.

“Jika hari ini kita tidak bisa melihat Hilal, maka kita menunggu apakah dari Indonesia Tengah dan Barat nanti bisa melihat hilal. Jika barat dan maka kemungkinan puasa jatuh pada hari Selasa ,”ujarnya.

Rofiul menyebut, hal itu dikarenakan ketinggian hilal pada Selasa (12/2/2024) berada di posisi 13 derajat di Kota Sorong.

Kendati demikian, tim Rukyatul Hilal tetap melakukan pemantauan sampai detik terakhir prosesi hilal itu bisa dilihat. Oleh karena itu tim masih menunggu titik hilal dari wilayah tengah dan barat.

“Kalau semua titik tidak bisa dilihat, ya kita menunggu sidang Isbat di Jakarta, apakah kita putuskan puasa hari esok hari atau Selasa,”jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *