BeritaPeristiwa

Gudang Peluru Milik Kodam Jaya di Ds Ciangsana Gunung Putri Bogor, Meledak

×

Gudang Peluru Milik Kodam Jaya di Ds Ciangsana Gunung Putri Bogor, Meledak

Sebarkan artikel ini
Gudang aamunisi di Desa Cianagsana Gunung Putri Kab. Bogor yang yang meledak dan terbakar. Foto - Ist.

TEROPONGNEWS.COM, BOGOR – Gudang amunisi milik Komando Daerah Militer Jaya di Kampung Parung RT 001 RW 011, Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, meledak dan terbakar, Sabtu (30/03/2024) malam pukul 18:35 WIB. Ledakan yang cukup keras ini sempat membuat panic warga sekitar lokasi kejadian.

MMenurut keterangan yang dihimpun, gudang peluru Armed, pangkalan 4 yang terbakar ini sempat membuat panik warga sekitar lokasi ledakan, khususnya yang tinggal tidak jauh dari gudang peluru. Bahkan, kabar yang beredar kebakaran itu berlokasi di daerah Cibubur. Mungkin juga karena ledakan yang cukup keras terdengar hingga radius 10 Km. Bahkan, warga di sekitar Kota Wisata dan Pondok Rangon Jakarta Timur, sempat berhamburan keluar rumah.

Pihak Polres Bogor juga turun langsung untuk menenangkan dan mengevakuasi warga di Kota Wisata dan sekitarnya agar menjauh dari lokasi kejadian. Sedang lokasi gudang amunisi tersebut terletak di perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi.  

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Kristomei Sianturi kepada wartawan membenarkan bahwa telah terjadi kebakaran dan ledakan yang berasal dari gudang amunisi Kodam Jaya. Sedangkan jumlah korban dan kerugian akibat ledakan di gudang penyimpanan amunisi kaliber kecil dan besar itu belum diketahui.

“Jumlah korban dan kerugian belum diketahui. TNI AD juga belum bisa mendekat ke lokasi kebakaran. Kami masih fokus mengevakuasi warga yang tinggal di sekitar lokasi ledakan ke tempat yang lebih aman,” ujar Brigjen Kristomei.

Saat ini, lanjut Kristomei, TNI AD berkordinasi dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa), petugas Pemadam Kebakaran, Kepolisian dan pihak terkait lainnya. Semua pihak diimbau untuk tidak mendekati lokasi kebakaran yang masih disusul ledakan, karena sangat membahayakan. Terlebih, gudang amunisi tersebut menyimpan berbagai macam jenis peluru kaliber besar hingga arteleri untuk pertahanan udara. *TN.