BeritaOlahraga

Akhir Maret ini, Gubernur PBD Canangkan Pelatda PON XXI Aceh – Sumut

×

Akhir Maret ini, Gubernur PBD Canangkan Pelatda PON XXI Aceh – Sumut

Sebarkan artikel ini
Ketua Harian KONI Papua Barat Daya, Abu Bakar Gusti
Ketua Harian KONI Papua Barat Daya, Abu Bakar Gusti

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Enam bulan jelang pelaksanaan pekan olahraga nasional ke XXI tahun 2024 di Aceh – Sumatera Utara, KONI Provinsi Papua Barat Daya sudah siapkan atletnya yang akan tampil berlaga nanti dengan melakukan pemusatan latihan atau training camp (TC) di beberapa kota.

Sebanyak 36 atlet juara nasional, Sea Games bahkan kejuaraan dunia yang mengharumkan Provinsi ke-38 di PON XXI pada tanggal 8 sampai 20 september 2024 ini akan bertanding pada 11 cabang olahraga

Ketua harian KONI Papua Barat Daya Abu Bakar Gusti mengatakan, pemusatan latihan daerah (PELATDA) akan akan dicanangkan oleh Ketua Umum KONI yang juga Pj Gubernur PBD Mohammad Musa’ad pada pekan depan atau akhir bulan Maret ini.

“Nanti akan digelar jalan santai melibatkan semua atlet, cabor, official serta masyarakat pada saat itulah ketua Umum KONI Papua Barat Daya akan mencanangkan PELATDA PON,” ucap Abu Bakar Gusti kepada wartawan kepada wartawan di Sekretariat KONI PBD Jl Misool, Kampung Baru, Kota Sorong belum lama ini.

Dikatakan mantan atlet nasional itu bahwa setelah pencanangan PELATDA, masing-masing cabang olahraga melaksanakan TC atletnya sesuai lokasi yang ditentukan.

Cabang olahraga Kick Boxing 5 atlet, terdiri dari 4 putra dan 1 putri bersama cabor Karate 5 atlet terdiri dari 3 atlet putri dan 2 atlet putra melakukan TC di Jakarta. Sedangkan cabor Kempo akan melaksanakan pemusatan latihan 5 orang atlet yang terdiri dari 4 orang putra dan 1 atlet putri di Dojo Osok, Kabupaten Sorong.

Sementara cabor Judo mengirim 2 orang atlet, 1 atlet putra dan 1 atlet putri bersama 2 atlet cabang olahraga Sambo melaksanakan TC di Karawang, Provinsi Jawa Barat. Sedangkan 3 atlet Pencak Silat terdiri dua putra dan satu atlet putri akan mengikuti TC di Malang, Provinsi Jawa Timur.

Kemudian 1 atlet putri cabor Selam akan mengikuti training camp di Sorong selama tiga bulan dan akan melanjutkan 3 bulan sisanya di Kabupaten Sabang, Provinsi Aceh yang merupakan lokasi pertandingan PON XXI.

Tiga cabang olahraga yang juga akan melaksanakan TC di Jakarta yaitu Hapkindo 1 atlet putri, tinju mengirim dua atlet. 1 atlet putra dan 1 atlet putri. Taekwondo 1 atlet putra. Cabor Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang lolos untuk berlaga di PON Aceh ada 7 kelas. Namun IMI menyiapkan 6 orang atletnya.