Berita

Waspada, Hama Putih Mulai Menyerang Tanaman Padi

×

Waspada, Hama Putih Mulai Menyerang Tanaman Padi

Sebarkan artikel ini
Foto-ilustrasi/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Petani padi di Kabupaten Merauke diminta lebih waspada dan segera melakukan langkah pencegahan perkembangbiakan hama putih maupun hama lainnya pada tanaman padi.

1230
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Pasalnya, beberapa titik tanaman padi di wilayah ini sudah ditemukan hama putih di batang dan daun padi yang siap berbuah. Sebagai pencegahan maka dianjurkan segera dilakukan penyemprotan atau pembasmian.

“Hama putih sudah mulai menyerang tanaman padi, tapi tidak terlalu signifikan hanya di beberapa spot-spot. Kita sudah imbau kepada petani untuk melakukan pencegahan dini salah satunya penyemprotan,” terang Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Merauke, Agustinus Yoga Priyanto, Kamis (22/2/2024) di Merauke.

Ia menambahkan, dilihat kondisi hama masih kecil maka petani diharapkan dapat melakukan pencegahan secara mandiri. Kutu putih dapat dibawa oleh angin atau hama lain yang terdapat pada tanaman yang berinvestasi, dan kemudian menyebar ke tanaman lain di sekitarnya.

Hama putih juga menyerang pada tanaman lain, jika dibiarkan maka akan mengakibatkan tanaman mati atau tidak bisa membuahkan hasil yang baik.