Wakapolda Papua Barat Kungker ke Raja Ampat Pastikan Persiapan Distribusi Logistik Pemili 2024

Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol. Alfred Papare, S.I.K di dampingi Kapolres Raja Ampatnl AKBP Edwin Parsaoran S.I.K,. M.I.K saat mengunjungi Kantor KPU Raja Ampat, Foto IST/TN

TEROPONGNEWS.COM, WAISAI – Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol. Alfred Papare, S.I.K. melaksanakan kunjungan ke wilayah hukum Polres Raja Ampat dalam rangka mengecek kesiapan pelaksanaan dan pengamanan jelang pemilu 2024 selama 2 hari yang
dimulai dari hari selasa 6 – 7 Desember 2024 demi memastikan kesiapan pelaksanan dan pengamanan Pemilu di Kabupaten Raja Ampat.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari sejak selasa, (06/02/2024) kemarin setibanya di Raja Ampat. Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol. Alfred Papare, S.I.K. langsung melakukan pengecekan kantor KPU, guna memastikan kondisi surat suara aman, pengecekan anggota pengamanan, pengecekan gedung dan ruangan penyimpanan surat suara.

“Soal kesiapan pengamanan TPS siap logistik, keamanan logistik, siap netral dari awal hingga selesai kegiatan pemungutan suara, perhitungan dan penetapan.” Tegas Wakapolda.

Setelah dari kantor KPU Wakapolda melanjutkan kunjungan ke kantor Bawaslu guna pengecekan kesiapan petugas Bawaslu dan anggota Gakumdu dalam pengawasan dan penanganan pelanggaran pemilu agar benar benar di laksanakan sesuai prosedur dan berhati hati tegas Jendral bintang satu ini yang juga pernah menjabat kapolres di raja ampat itu.

Selanjutnya pada hari ini Rabu, (07/02/2024). Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol. Alfred Papare, S.I.K. melaksanakan pengecekan kesiapan anggota Polres Raja Ampat dalam melaksanakan pengamanan jelang pemilu 2024.

Dalam kesempatan ini Wakapolda menjelaskan tentang pelayanan kepada Masyarakat yang telah mencapai target.

“Anggota diharuskan membuat dokumentasi supaya Masyarakat juga tau tentang pelayanan terhadap Masyarakat, agar kepercayaan Masyarakat terhadap anggota kepolisian kembali. Dan Kapolres Agar memaksimalkan pengawasan terhadap anggota2.” Terangnya.

Harapan Wakapolda agar membuat langkah2 pencegahan untuk menetralisir pelanggaran2 terhadap anggota. Beliau juga menyampaikan bahwa Papua Barat masuk dalam potensi gangguan kamtibmas prioritas satu.

“Papua Barat khususnya Raja Ampat sendiri masuk dalam potensi gangguan kamtibmas prioritas satu dalam hal pelanggaran yang dalam TPS ada yang rawan dan ada yang kurang rawan” Ujarnya.

Bpk Wakapolda menyampaikan bahwa Polres Raja Ampat merupakan Polres terbanyak dalam pendistribusian logistik pemilu melalui sarana laut /perairan dari 13 Polres.

“Dari 13 Polres, Polres Raja Ampat adalah Polres terbanyak dalam pendistribusian logistik pemilu melalui laut /sarana perairan untuk wilayah polda papua barat. Untuk itu Agar anggota selalu siap dan tidak lupa tetap menggantungkan semua kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dan saya berterimakasih kepada seluruh anggota yang hadir dan turut mengikuti arahan yang disampaikan.” Ucap Wakapolda.

Setelah itu rombongan Wakapolda Papua Barat Brigjen Pol. Alfred Papare, S.I.K. mengunjungi Kompi 4 Batalyon B Pelopor dalam rangka melakukan pengecekan kesiapan anggota, sarana dan prasarana guna pembackup-an apabila terjadi hal2 yang tidak diinginkan jelang pemilu 2024.

Rombongan Wakapolda kemudian mengunjungi Polsek Waigeo Selatan untuk mengecek kesiapan anggota polsek dalam pengamanan pemilu 2024.

Turut mendampingi dalam kunjungan tersebut Irwasda Polda Papua Barat Kombes Pol. Subandi, S.I.K., M.H., Dir Polairud Polda Papua Barat Kombes Pol. Budy Utomo, S.I.K., Danmen 2 Mabes Polri Kombes Pol. Nurman Ismail, S.I.K., Serta Staff Spripim.