Survei Roy Morgan Terbaru, Prabowo-Gibran Masih Ungguli Ganjar-Mahfud

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) saat mendaftar ke KPU RI sebagai bakal capres-cawapres di Pilpres 2024 pada Rabu (25/10/2023). (Foto: Ist).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Lembaga survei internasional Roy Morgan mempublikasikan survei terbaru dengan hasil pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih mengungguli pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

“Jajak pendapat Roy Morgan hari ini mengenai niat memilih masyarakat Indonesia pada pemilihan presiden dan legislatif mendatang menunjukkan Prabowo unggul dengan perolehan suara sebesar 43 persen,” kata Direktur Roy Morgan Indonesia, Ira Soekirman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Dia menjelaskan Prabowo mengalami kenaikan suara sebesar 13 persen dari survei sebelumnya yang digelar pada September 2023. Suara Prabowo meningkat setelah memilih Gibran selaku putra Presiden Jokowi sebagai pasangan wakil presiden.

Pada posisi kedua ada Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas 30 persen dan disusul Anies-Muhaimin di posisi terakhir dengan dukungan 24 persen. Ganjar menurun sebesar delapan persen dan Anies Baswedan turun sebesar satu persen.

Berdasar data dari survei Roy Morgan, maka Pilpres 2024 bakal digelar dua putaran. Untuk Prabowo diyakini bakal menang pada putaran pertama Pilpres 2024.

Untuk bisa menang satu putaran, Prabowo yang berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka harus mendapat suara 50 persen ditambah satu suara.

“Untuk memenangkan pemilu putaran pertama, seorang calon presiden harus memperoleh lebih dari 50 persen suara pada putaran pertama dengan minimal 20 persen di separuh seluruh provinsi. Lonjakan suara yang diraih Prabowo berarti dia sudah berada di ambang kemungkinan meraih kemenangan pada putaran pertama,” katanya.

Survei dari Roy Morgan ini digelar pada Desember 2023 terhadap 1.255 responden di seluruh Indonesia dengan usia di atas 17 tahun atau sudah memiliki hak pilih. Survei itu dilakukan pada Desember 2023.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 13 November 2023 menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Berdasarkan PKPU Nomor 78 Tahun 2024, kampanye akbar adalah sebutan untuk kampanye rapat umum. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.