Ribuan Personil TNI Siap Backup Pengamanan Pemilu Serentak 2024

Apel kesiapan pengamanan Pemilu 2024 di Makorem 174/ATW Merauke, Papua Selatan. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 serentak dilaksanakan seluruh Indonesia termasuk di Papua Selatan dipusatkan di Korem 174/ATW Merauke, Kamis (1/2/2024).

Apel serentak ini dipimpin Panglima TNI di Jakarta sementara di daerah mengikuti dan menyesuaikan melalui vicon guna mengecek kesiapan jajaran di seluruh Indonesia dalam rangka pengamanan Pemilu.

“Dari TNI sendiri kita ploting 2.431 personil yang disiapkan, baik pasukan organik maupun Satuan Petugas (Satgas) yang nanti menjadi pasukan cadangan yang diplot di titik-titik tertentu untuk mengantisipasi apabila terjadi dinamika di lapangan,” terang Komandan Korem 174/ATW Brigjen TNI Agus Widodo di usai apel gelar pasukan.

Sementara untuk di wilayah Timika disiagakan personil sebanyak 580 orang. Pengamanan sudah dilakukan sejak tahap pertama Pemilu melalui operasi intelijen dan operasi teritorial dalam rangka menjaga situasi tetap kondusif sehingga seluruh tahapan Pemilu dapat berjalan dengan baik.

“Yang paling riskan pada saat pemungutan suara dan penghitungan. Kita jajaran TNI dan Polri menjamin kemananan, jadi saya minta kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dan menggunakan hak suara kita. Tidak ada larangan dari siapapun, karena ini pesta rakyat, berikan suaramu untuk menentukan masa depan bangsa lima tahun ke depan,” ajak Danrem.

Sebelumnya, dalam amanat Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan menyampaikan gelar pasukan ini dalam rangka memastikan kesiapan personel dan peralatan yang akan digunakan dalam mendukung pengamanan Pemilu serta mengantisipasi dinamika yang akan terjadi pada pelaksanaan Pemilu.

“Oleh karena itu saya berharap kepada seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan Pemilu agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Pastikan semua bagian mengerti akan tugas dan tanggungjawabnya,” pinta Pangdam dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 174/ATW.

Apel gelar pasukan untuk pengamanan Pemilu diikuti dari TNI Ad, TNI AL, TNI AU dan tamu undangan Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Ketua KPU Papua Selatan Theresia Mahuze, serta dari Forkopimda.

Bupati Merauke kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada TNI dan Polri yang sangat antusias menjaga kemanan di daerah. Lanjut, Ketua KPU Theresia mengatakan untuk kesiapan logistik Pemilu sudah 85 persen siap.