KPU, Bawaslu dan Forkopimda Papua Selatan Nyatakan Pemungutan Suara 2024 Siap Dilaksanakan

Konferensi Pers H-1 kesiapan Pemilu 2024 di Papua Selatan. Foto-Getty/TN

TEROPONGMEWS.COM, MERAUKE – H-1 pemungutan sura KPU, Bawaslu, Forkopimda Pemerintah Provinsi Papua Selatan menyatakan pelaksanaan pemungutan suara Pemilu serentak 14 Februari 2024 siap dilaksanakan.

Pernyataan ini disampaikan dalam konferensi pers di Desk Pemilu 2024 Papua Selatan di Halogen, Selasa (13/2/2024) usai pantauan di empat kabupaten yakni Mappi, Asmat, Boven Digoel dan Kabupaten Merauke.

Sebelumnya, dipimpin Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo bersama Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Danrem 174/ATW, LO Polda Papua dan LO Kajati melakukan pantauan langsung di empat wilayah tersebut untuk memastikan kesiapan di masing-masing tempat.

“Saya informasikan kepada teman-teman bahwa beberapa hari ini Forkopimda Papua Selatan dipimpin Pak Pj Gubernur bersama KPU dan Bawaslu sudah melakukan monitoring dan review terhadap semua kesiapan di lapangan. Kemudian sudah melakukan rekapitulasi semua permasalahan dan itu diselesaikan satu per satu. Yang pasti, besok kita sudah siap pelaksanaan Pemilu,” ucap Pj Sekda Papua Selatan Maddaremmeng dalam konferensi Pers.

Maddaremmeng menambahkan, bahwa malam sebelum Pemilihan, tim akan mengecek kesiapan di semua TPS yang ada di Kota Merauke. Terutama memastikan pendistribusian surat suara di distrik terdekat pada jam 03.00 Wit subuh menuju ke TPS-TPS.

Ketua KPU Papua Selatan Theresia Mahuze menambahkan untuk distrik terjauh, pendistribusian logistik sudah dilakukan dari jauh hari. Secara umum seluruh kesiapan sudah sangat siap. “Kami menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Papua Selatan, Bawaslu, TNI dan Polri yang sudah membantu KPU untuk mempersiapkan segala sesuatu sehingga semua berjalan baik. Kita berharap sampai hari hal nanti juga dapat berjalan baik,” tutur Theresia.

Ketua Bawaslu Papua Selatan, Marman kesempatan itu menyatakan bahwa pelaksanaan Pemilu dipastikan dapat berjalan dengan baik ditandai dengan semua kesiapan logistik dan TPS berjalan baik sehingga hari hal akan terlaksana sesuai mekanisme. “Untuk kekurangan surat suara di Kabupaten Merauke sebanyak 683 lembar kami nyatakan surat suara tersebut sudah terpenuhi sehingga tidak mengganggu proses pemungutan suara yang akan dilaksanakan besok. Dan kelebihan surat suara di Kabupaten Mappi sebanyak 4.546 lembar sudah dimusnahkan,” pungkas Marman.

Sementara Danrem 174/ATW Kolonel Inf Agus Widodo mengajak semua pihak menggunakan kesempatan Pemilu 2024 dengan baik, berjalan aman dan nyaman, mengingat Papua Selatan sebagai DOB harus dijaga kedamaiannya. Kejaksaan Negeri Merauke juga menyiapkan Posko Pemilu untuk mengantisipasi pelanggaran Pemilu dan personel sudah ditugaskan di empat kabupaten.

Selanjutnya, personil pengamanan untuk TPS di Merauke sebanyak 321 personil, Boven Digoel 182, Mappi 155 dan Asmat 168 personil. Sisanya ditambahkan untuk melakukan patroli gabungan dengan TNI baik sebelum pencoblosan sampai selesai. Dari empat Polres di Papua Selatan, ada tiga Polres mendapatkan penambahan atau penebalan pengamanan dari Polda Papua yakni Mappi 31 personil, Asmat 31 dan Boven sekitar 30 personil.